PENGARUH PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA SMARTPHONE XIAOMI (STUDI KASUS PADA KONSUMEN PENGGUNA XIAOMI DI KELURAHAN HARAPAN JAYA)
Abstract
Nur Anissa. 021114221. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Konsentrasi Manajemen
Pemasaran. Dengan judul “Pengaruh Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada
Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Pada Konsumen Pengguna Xiaomi Di Kelurahan Harapan Jaya)”.
Di bawah bimbingan: Oktori Kiswati Zaini dan Sri Hidajati Ramdani. 2019.
Saat ini perkembangan teknologi smartphone sangat pesat. Diketahui bahwa setiap tahunnya
jumlah pengguna samartphone mengalami peningkatan sehingga membuat persaingan semakin ketat.
Meningkatnya persaingan di dunia smartphone mengakibatkan perusahaan bersaing untuk
mengeluarkan produk terbaik mereka, karena saat ini smartphone telah menjadi gaya hidup
masyarakat. Untuk memenuhi kebutuhannya konsumen sering dihadapkan dengan beberapa pilihan
produk sebelum melakukan pembelian,oleh karena itu mereka perlu melewati berbagai proses sebelum
memutuskan untuk membeli. Salah satu faktor bagi konsumen dalam melakukan keputusan
pembelian yaitu mengenai harga. Kini banyak perusahaan yang mampu menawarkan spesifikasi
produk yang sangat baik dan menawarkan harga dengan murah seperti smartphone Xiaomi. Harga
dikatakan mahal atau murah tergantung dari persepsi konsumen itu sendiri, tetapi memiliki produk
dengan harga murah menjadi solusi yang tepat bagi konsumen agar dapat memenuhi kebutuhan.
Semakin tinggi harga ditawarkan maka permintaannya akan semakin rendah sebaliknya semakin
murah harga suatu produk maka permintaannya akan semakin tinggi. Demikian hal itu
bertolakbelakang dengan produk smartphone Xiaomi yang menawarkan harga murah , tetapi faktanya
jumlah penjualan Xiaomi justru mengalami fluktuasi. Hal ini timbul karena persepsi harga yang belum
melekat dalam benak konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi harga terhadap keputusan
pembelian konsumen pada smartphone Xiaomi di wilayah Kelurahan Harapanjaya.
Penelitian ini dilakukan di wilayah Kelurahan Harapan Jaya dengan menggunakan data
primer dan sekunder. Jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriptif eksploratif. Teknik penelitian
yang digunakan adalah statistik kualitatif dan penentuan sampel menggunakan accidental sampling
dengan jumlah responden 270 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif
dan analisis regresi linier sederhana. Untuk memudahkan perhitungan digunakan program SPSS versi
23.0 for Windows.
Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana nilai persamaan regresi yang diperoleh
adalah Y= 10,627 + 0,703Ph, karena nilai b adalah positif artinya jika persepsi harga berubah maka
keputusan pembelian juga akan berubah nilainya. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,538 yang berarti
bahwa hubungan antara variabel persepsi harga dengan keputusan pembelian sedang. Koefisien
determinasi sebesar 0,289 yang menunjukkan bahwa tingkat keputusan pembelian dipengaruhi oleh
persepsi harga sebesar 28,9% , sisa nya 71,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil uji t
menyatakan Ho ditolak sehingga dapat diartikan bahwa variabel persepsi harga berpengaruh positif
terhadap keputusan pembelian karena nilai sig. < 0,05.
Full Text:
PDFReferences
Basu Swastha Dharmesta dan Handoko, T. Hani.
(2016). Manajemen pemasaran: Analisis
Perilaku Konsumen. Edisi Pertama.
Yogyakarta: Penerbit BPFE.
Buchari Alma. (2013). Manajemen Pemasaran
Dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi.
Bandung: Penerbit Alfabeta.
Danang Sunyoto. (2013). Perilaku Konsumen.
Yogyakarta: Penerbit CAPS.
Dina Lusyana. (2017). Pengaruh Persepsi Harga
Motor Yamaha Mio Terhadap Keputusan
Pembelian di PT. Mekar Karya Pratama.
Skripsi Manajemen Pemasaran.
Universitas Pakuan.
Etta Mamang Sangadji dan Sopiah. (2013).
Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Penerbit
ANDI.
Refbacks
- There are currently no refbacks.