PENGARUH DISIPLIN KERJA KARYAWAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KARYAWAN PT. SAHABAT UNGGUL INTERNATIONAL

Oktobriantara Hans Primanda, Hari Muharam, Herman Herman

Abstract


Dalam mencari sumber daya manusia yang memiliki kompetensi bukan hanya dilihat dari penampilan, latar belakang pendidikan, atau pengalaman kerja tetapi kita perlu juga melihat dan menilai dari tingkat disiplin kerja yang tinggi, karena tanpa dukungan disiplin kerja yang baik maka sulit bagi organisasi dalam mewujudkan tujuan.

Maksud dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi dari perusahaan yang mengenai hal-hal yang berhubungan dengan permasalahan yang akan dibahas khususnya untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja karyawan terhadap produktivitas karyawan PT. Sahabat Unggul International.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif development dengan metode deskriptif survei mengenai pengaruh disiplin kerja karyawan terhadap produktivitas karyawan PT. Sahabat Unggul International. Data yang digunakan merupakan data kualitatif yaitu data hasil jawaban kuisioner Variabel X dan Variabel Y dengan total pertanyaan 24 butir pertanyaan. Data tersebut dianalisis dengan mengunakan metode statistik berupa analisis regresi, koefisien determinasi, dan uji hipotesis koefisien regresi.

Hasil analisis regersi diperoleh persamaan Y= 8,570 + 0,804 X dari persamaan tersebut dapat diartikan bahwa jika tidak ada disiplin kerja maka produktivitas nilainya 8,570, sedangkan pada setiap peningkatan pelatihan disiplin kerja sebesar satu, maka produktivitas juga akan meningkat sebesar 0,804. Untuk analisis koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 66,4% artinya sumbangan pengaruh variabel disiplin kerja terhadap produktivitas sebesar 66,4% sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain. Hasil uji hipotesis koefisien regresi diperoleh hasil t hitung sebesar 14,11636 dan angka tersebut lebih besar dari pada t tabel dengan signifikasi 5% dan df-2 yaitu 1,65895. Karena t hitung(14,11636>1,65895) t tabel maka Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa disiplin kerja berpengaruh terhadap produktivitas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.