PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENJUALAN MOBIL TOYOTA PADA PLAZA TOYOTA TENDEAN

Mohammad Irkav, Oktori Kiswati Zaini, Sri Hidajati Ramdani

Abstract


               Plaza Toyota Tendean merupakan salah satu dealer mobil yang berada di kota Jakarta menjual unit, suku cadang, dan jasa service. Plaza Toyota Tendean melakukan kegiatan promosi guna meningkatkan daya beli konsumen terhadap produknya. Biaya promosi untuk biaya periklanan dan biaya promosi penjualan selama tiga tahun terakhirselalu meningkat di setiap tahunnya. Akan tetapi penjualan mengalami penurunan. Seharusnya jika biaya promosi meningkat maka penjualan juga meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh biaya periklanan terhadap penjualan mobil Toyota pada Plaza Toyota Tendean, untuk menjelaskan pengaruh biaya promosi penjualan terhadap penjualan mobil Toyota pada Plaza Toyota Tendean, dan Untuk menjelaskan pengaruh biaya periklanan dan biaya promosi penjualan terhadap penjualan mobil Toyota pada Plaza Toyota Tendean. Jenis penelitian ini adalah penelitian verifikatif dengan metode penelitian explanatory survei yang menggunakan data sekunder. pengolahan data menggunakan SPSS versi 23 dengan metode analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan biaya periklanan secara parsial berpengaruh terhadap penjualan pada Plaza Toyota Tendean, dan biaya promosi penjualan secara parsial berpengaruh terhadap penjualan pada Plaza Toyota Tendean.  Secara simultan biaya periklanan dan biaya promosi penjualan memiliki pengaruh linier dengan variabel penjualan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa biaya promosi dengan indikator biaya periklanan dan biaya promosi penjualan terhadap penjualan mobil Toyota pada Plaza Toyota Tendean secara parsial maupun secara simultan memiliki pengaruh.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.