PENGEMBANGAN USAHA MELALUI E-COMMERCE ADOPTION LEVEL PADA UMKM DI KOTA BOGOR

Syafani Putri Lolita, Sri Hartini, Kiki Oktora

Abstract


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peranan yang strategis dalam
perekonomian Indonesia karena sektor ini dapat mengatasi pertumbuhan ekonomi nasional. Jawa Barat
khususnya Kota Bogor sebagai kota penyangga ibukota mendorong berkembangnya pengelola UMKM. Di
Kota Bogor tercatat sebanyak 23.706 UMKM yang tersebar dalam 6 kecamatan. Namun, yang menjadi
masalah saat ini adalah tidak tersedianya pasar yang jelas untuk UMKM. Untuk dapat bersaing dalam pasar
yang kompetitif dan terbuka salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi,
salah satu yang muncul adalah e-commerce. Terdapat faktor-faktor untuk mengetahui apa saja yang
mempengaruhi akases e-commerce untuk meningkatkan keunggulan bersaingnya diantaranya Faktor
Inovasi Teknologi, Faktor Lingkungan, Faktor Organisasi dan Karateristik Owner/Manajer. Dengan
melihat faktor-faktor tersebut akan bisa dilihat posisi e-commerce adoption level bagi suatu popilasi
UMKM. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah pemilik
atau pengelola UMKM di Kota Bogor, pemilihan responden dilakukan dengan quota sampling dan
purposive sampling dengan total 60 responden. Berdasarkan hasil penelitian, Faktor Inovasi Teknologi;
Faktor Lingkungan; Fakor Organisasi dan Karateristik Owner/Manajer berpengaruh pada E-Commerce
Adoption Level. Faktor Inovasi Teknologi merupakan paling yang paling dominan dengan perolehan angka
sebesar 31,26%. Posisi E-Commerce Adoption Level pada UMKM di Kota Bogor berada pada Stage 2 (eenterprise).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.