ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK DALAM UPAYA MEMINIMUMKAN PRODUK CACAT PADA OZI AIRCRATFT MODELS

Sartika Wasilah, Sri Hidayati Ramdani, Tutus Rully

Abstract


Ozi Aircraft Models adalah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur khususnya dalam bidang
kerajinan miniatur pesawat. Dalam upaya menjaga kualitas produk yang dihasilkan agar sesuai dengan standar
yang telah ditetapkan, Ozi Aircraft Models melakukan pengendalian kualitas dari awal proses produksi hingga
produk jadi. Akan tetapi, pada kenyataanya sebaik – baiknya pengendalian kualitas yang telah dilakukan oleh
perusahaan, masih dijumpai produk cacat atau menyimpang dari standar yang telah ditetapkan. Untuk itu perlu
dilakukan perbaikan dalam sistem pengendalian kualitas produk dengan metode Statistical Process Control (SPC)
mengguanakan peta kendali atribut yaitu P – Chart. Dalam menganalisis terjadinya kecacatan pada produk peneliti
menggunakan metode Statistical Quality Control (SQC) dengan alat bantu Check Sheet, Diagram Pareto dan
Diagram Sebab Akibat (Fishbone Diagram). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengendalian kualitas
yang dilakukan oleh Ozi Aircraft Models belum berjalan dengan baik. Karena masih ada titik yang berada di luar
batas kendali atas (UCL) yaitu pada bulan Juli dengan persentase sebesar 4,4%. Berdasarkan hasil analisis
menggunakan diagram pareto, kecacatan yang paling dominan ada yaitu warna tidak sesuai, stiker rusak, goresan,
retak dan patah. Diketahui masalah yang sering terjadi adalah warna tidak sesuai sebanyak 44 unit dengan
persentase kecacatan sebesar 36,7% dan stiker rusak sebanyak 34 unit dengan persentase kecacatan sebesar 28,3%.
Kemudian dari hasil analisis diagram sebab akibat dapat diketahui faktor penyebab kecacatan berasal dari bahan
baku, manusia, metode dan mesin.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.