ANALISIS BRAND EQUITY SMARTPHONE APPLE PADA GENERASI MILENIAL KOTA BOGOR

Raflie Aria Himawan, Oktori Kiswati Zain, Aditya Prima Yudha, Hari Suryantoro

Abstract


Penelitian ekuitas merek smartphone Apple dilakukan dengan analisis elemen yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek yang membentuk brand image, persepsi merek, dan loyalitas merek. metode penelitian yang dilakukan adalah deskriftif, yaitu menguraikan penilaian dari mahasiswa yang berada pada rentang generasi milenial di Kota Bogor. Berdasarkan hasil penelitian, kesadaran merek smartphone Apple sudah menempati posisi top of mind, sedangkan persepsi merek smartphone Apple sudah bisa di katakan baik dengan mayoritas nilai perhitungan persepsi merek mendapatkan tanggapan responden yang berada pada rentang baik. Kemudian pada asosiasi merek smartphone Apple sudah dapat membentuk brand image yang positif. Sedangkan dari loyalitas merek smartphone Apple responden belum berada pada posisi tertinggi yaitu commited buyer, melainkan masih berada pada posisi switcher.


Full Text:

PDF

References


Aaker. D. (2013). Membangun Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra Utama.

Assauri, Sofjan. (2018). Manajemen pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Danang Sunyoto. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Caps Publishing.

Fandy Tjiptono. (2016).Pemasaran Jasa.Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Intan, Trivena. Daeng dan N.N, Mewenkang. (2017). Penggunaan Smarphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. Manado : Universitas Sam Ratulangi

Jalilvand, M. R. Samiei, N. dan Mahdavinia, S.H. (2011), The Effect of Brand Equity Components on Purchase Intention: An Application of Aaker’s Model in the Automobile Industry, The Journal of International Business and Management, 2 (2) hal: 149-158. Tersedia di: http://docsdrive.com/pdfs/medwelljournals/ibm/2017/1048-1057.pdf [ Diakses pada 16 Agustus 2019].

Khasanah, Imroatul. (2013). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo di Semarang. Jurnal Manajemen, [online] Volume 3, p 148. Tersedia di : Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Nju/Index.Php/Jdm [ Diakses pada 4 juli 2019].

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016). Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, And Managing Brand Equity. 4th Edition. Prentice Hall

Khan, Nasreen. (2014). Causal Relationships among Dimensions of Consumer-Based Brand Equity and Purchase Intention: Fashion Industry, International Journal of Business and Management, [online] Volume 10 (1) hal: 172-181. Tersedia di: https://pdfs.semanticscholar.org/0060/5a41893dc01a42d15ce9f5f35feb67ac0ac9.pdf [Diakses pada 12 Juni 2019].

Maulidina, Ratih. dan Ariyanti, Maya. (2011). Analisis Ekuitas Merek Smartphone Apple dan Samsung pada Konsumen Muda di Indonesia. Bandung : Fakultas Ekonomi Universitas Telkom Bandung

Rahmia, Hanisa. dan Sumarwan, Ujang. (2010). Analisis Ekuitas Merek Laptop Pada Mahasiswa Institut Pertanian Bogor. Bogor : Institut Pertanian Bogor

Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suyanto, & Prana, Ugina. (2017) Aplikasi Statistika Dalam SPSS. Medan: USU Press

Shimp, Terence. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: ALFABETA.

Sopiah, dan Etta Mamang Sangadji. (2016). Salesmanship (kepenjualan). Yogyakarta : Bumi Aksara

Subianto. (2013), Pengaruh Elemen Ekuitas Merek Terhadap Rasa Percaya Diri Pelanggan Di Semarang Atas Keputusan Pembelian Ponsel Sony Ericsson. Semarang : Fakultas Ekonomi Bisnis Udinus.

Sally. Dan Amin, Amarudin. (2017). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Studi Kasus pada Masyarakat Pekanbaru). Pekanbaru : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Indonesia

Suprato, Jeki. dan Rahman, Sarli. (2019). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Pintar Oppo di Kota Pekanbaru. Pekanbaru : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Indonesia

Toto, Susilo. dan Sudar, Dani Parmana. (2014). Analisis Pengaruh Elemen Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pc Tablet Apple Ipad. Semarang : Universitas Diponogoro

Vera, Tri. dan Handayani. (2011). Analisis Ekuitas Merek pada Pc Tablet Merek Ipad2 dan Samsung Galaxy 10.1 Inchi di DKI Jakarta. Depok : Universitas Indonesia

Winatapradja, Nabila. (2013). Ekuitas Merek Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Donat J.Co Donuts & Coffee Di Manado Town Square, Jurnal EMB, 1 (3) 958-968. Tersedia di: https://media.neliti.com/media/publications/1616-ID-ekuitas-merek-pengaruhnya-terhadap-keputusan-pembelian-produk-donat-jco-donuts-c.pdf [Diakses pada 12 Juni 2019].

Wahyudi, Dedi. Dan Idris, Iswandi. (2015). Analisa Ekutas Merek Ponsel Samsung Sebagai Usulan untuk Membidik Segmentasi Baru di Kota Medan. Medan : Politeknik LP3I Medan

https://canalys.com/newsroom/canalys-global-smartphone-market-q4-2019 [Diakses January 2020]

https://selular.id/2019/08/idc-top-5-vendor-smartphone-indonesia-q2-2019/ [Diakses January 2020]

https://www.emarketer.com/forecasts/5a8601626ace8d0c50436636/5b3693e681f26a07b4aa6974 [Diakses Agustus 2019]

https://www.cnbc.com/2019/01/03/apples-non-china-asian-business-leans-heavily-on-wealthier-countries.html [Diakses Agustus 2019]

https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/ [Diakses Juli 2019]

https://www.apjii.or.id/ [Diakses Agustus 2019]

https://www.brandindex.com/ranking/indonesia/2018-wom [Diakses Agustus 2019]

https://www.bps.go.id/publication/2018/04/13/040941963dd0c2fe89ffcee6/statistik-pemuda-indonesia-2017.html [Diakses Agustus 2019]

https://bogorkota.bps.go.id/publikasi.html [Diakses Agustus 2019]

https://bogorkota.bps.go.id/publication/2018/08/16/8a345520f04dbaeed9a1e8b1/kota-bogor-dalam-angka-2018.html [Diakses Agustus 2019]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.