HUBUNGAN SERVICESCPEDENGAN KEPUASAN PELANGGAN PADA DAILY DOSE COFFEE AND EATERY BOGOR

Afriyad Putra, Oktori Kiswati Zaini, Salmah Salmah, Antar M.T Sianturi

Abstract


Kota Bogor merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Barat, yang memiliki banyak icon wisata. Kota yang dikenal sebagai kota hujan memiliki banyak keistimewaan selain dekat dengan Istana Presiden, kota Bogor juga menawarkan berbagai ciri khas kuliner, yang mampu menarik perhatian wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara, banyak coffee shop yang berdiri di pusat kota menghiasi Kota Bogor, restoran bercitarasakan makanan daerah ataupun makanan yang menjual makanan dari budaya barat selain itu menawarkan berbagai jenis fashion khas kota Bogor seperti batik angkot yang direalse pada tahun 2017 lalu yang menambah daftar icon kota Bogor, yang dapat dijadikan oleh-oleh oleh para wisatawan yang datang ke Kota Bogor. Coffee shop semakin marak didirikan di Kota Bogor, trend nya selalu meningkat dari tahun ke tahun. Fenomena mengenai servicescpemenjadi perhatian khusus yang salah satu dapat menarik pelanggan untuk berkunjung ke Café, ruang lingkung servicescpemencakup Ambient Conditions meliputi pengaturan suhu café antara di dalam ruangan area smooking dan non smooking, Spatial Layout and Functionality meliputi tata letak ruangan, penempatan aksesoris dan tempat duduk serta signs, symbols, and artifacts seperti dekorasi ruangan yang sesuai dengan tema kafe. Jika suatu café dapat memenuhi unsur-unsur tersebut maka pelanggan akan senantiasa tertarik untuk datang ke café tersebut. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah asosiatif atau sebab akibat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian explanatory survey yang bertujuan untuk menguji hipotesis, dan menjelaskan fenomena yang terjadi dalam bentuk hubungan antara servicescpedan kepuasan pelanggan. Teknik yang digunakan adalah statistic inferensial. Jumlah smapel yang digunakan adalah 100 orang responden dan metode pengolahan data menggunakan analisis deskriptif, analisis koefisien korelasi rank spearman dan uji hipotesisi koefisien korelasi. Hasil peneltian menunjukan bahwa tanggapan responden mengenai servicescpepada Dailydose Coffee and Eatery baik, Hasil penelitian mengenai kepuasan pelanggan Dailydose Coffee And Eatery puas. Berdasarkan analisis koefisien korelasi rank spearman menunjkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara servicesape dengan kepuasan pelanggan pada Dailydose Coffee And Eatery dengan tingkat hubungan berada pada kategori rendah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.