PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH SIAP MINUM DALAM KEMASAN BOTOL 350 ML MEREK TEH BOTOL SOSRO (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas Pakuan)

Adinda kinanti Mustika Mahanani, Herdiyana Herdiyana, Arie Wibowo Irawan

Abstract


Adinda Kinanti Mustika Mahanani. 021114578. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap
Keputusan Pembelian Teh Siap Minum dalam Kemasan Botol 350ml Merek Teh Botol Sosro (Studi
Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas Pakuan).
Pembimbing: Herdiyana dan Arie Wibowo Irawan. 2019.
PT. Sinar Sosro adalah sebagai salah satu produsen minuman TSMDK. PT. Sinar Sosro
memasarkan produk minuman teh siap minum dalam kemasan, salah satunya dengan merek Teh Botol
Sosro. Permasalahan yang terjadi pada Teh Botol Sosro tersebut adalah kualitas produk Teh Botol
Sosro belum bisa memenuhi kebutuhan konsumen dan harga yang kurang bersaing dari kompetitor.
Hal ini juga mempengaruhi pada penjualan produk teh botol sosro tersebut, yang mengalami fluktuasi
disetiap tahunnya.
Penelitian ini dilakukan menggunakan kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 310
responden, yaitu pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Universitas Pakuan.
Jenis penelitian ini menggunakan data verifikatif, dengan metode explanatory survey, metode analisis
yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji
normalitas dan uji asumsi klasik yang dilengkapi dengan menggunakan bantuan SPSS 23.
Tanggapan responden terhadap kualitas produk dan harga teh botol sosro memiliki hasil rata-
rata tanggapan responden sebesar 78,1%, rata-rata tanggapan responden terkait keputusan pembelian
sebesar 71,1%. Dapat diketahui bahwa rata-rata keseluruhan tanggapan responden variabel kualitas
produk dan harga dengan keputusan pembelian sebesar 77.6% artinya sangat baik. Hasil analisis
koefisien korelasi (R) menunjukan bahwa nilai koefiensi sebesar 0,655, yang artinya korelasi antara
variabel kualitas produk dan harga, terhadap keputusan pembelian berpengaruh. Berdasarkan tingkat
signifikan variabel kualitas produk dimana hasil menunjukan tingkat sig. sebesar 0,000 < 0,05
membuktikan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan
pembelian produk teh botol sosro. Berdasarkan tingkat signifikan variabel harga dimana hasil
menunjukan tingkat sig. sebesar 0,000 < 0,05 membuktikan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara
harga terhadap keputusan pembelian produk teh botol sosro. Dengan demikian menyatakan bahwa
terdapat pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian teh siap minum dalam
kemasan 350ml merek Teh Botol Sosro pada mahasiswa fakultas Ekonomi program studi Manajemen
Universitas Pakuan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.