PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA CV. YAMAHA INDO SAKTI MOTOR DEPOK
Abstract
FINA YULIYANA, 021114121. Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada CV. Yamaha Indo Sakti Motor Depok. Dibawah bimbingan, OKTORI KISWATI ZAINI Dan Pembimbing SALMAH Tahun 2018.
CV. Yamaha Indo Sakti Motor Depok merupakan salah satu dealer dan bengkel resmi Yamaha. Penelitian ini dilakukan karena penjualan sepeda motor Yamaha pada CV. Yamaha Indo Sakti Motor Depok mengalami penurunan disetiap tahunnya walaupun biaya promosi yang dikeluarkan perusahaan sudah ditingkatkan. Secara teori jika biaya promosi ditingkatkan maka volume penjualan juga akan meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh antara Biaya Advertising dan Biaya Sales Promotion Terhadap Volume Penjualan pada CV. Yamaha Indo Sakti Motor Depok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian explanatory survey dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda, uji hipotesis persial, uji koefisien korelasi dan koefisien determinasi dengan menggunakan alat bantu softwere SPSS versi 23. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, biaya advertising dan biaya sales promotion terhadap volume penjualan diperoleh persamaan regresi linier berganda yaitu Y = 264,50 + 9,101 BA + 2,587 BSP + e. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,928 artinya memiliki hubungan kuat. Nilai koefisien determinasi ditunjukan oleh R Square yaitu sebesar 86%, hal ini menunjukkan bahwa biaya promosi dapat mempengaruhi volume penjualan sebesar 86% sedangkan sisanya 14 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dari hasil uji hipotesis menunjukan bahwa biaya promosi dengan indikator biaya advertising dan biaya sales promotion berpengaruh terhadap volume penjualan pada CV. Yamaha Indo Sakti Motor Depok karena nilai sig biaya advetising kurang dari nilai α ( 0,000 < 0,05) dan nilai sig biaya sales promotion kurang dari nilai α (0,002 < 0,05).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.