ANALISIS CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL TOYOTA AVANZA DI KOTA SUKABUMI

Akhbar Santika, Sri Hartini, Yetty Husnul Hayati

Abstract


Akhbar Santika, NPM 021114152, Program Study Manajemen Mata Kuliah Konsentrasi Manajemen Pemasaran, Judul : Analisis Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Toyota Avanza di Kota Sukabumi. Ketua Komisi Pembimbing Hj. Sri Hartini sebagai anggota komisi pembimbing Yetty Husnul Hayati tahun 2018.

Semakin banyak pesaing membuat penjualan di Auto2000 cabang Sukabumi menurun, Fenomena tersebut dapat dilihat dari kondisi persaingan saat ini yang terjadi pada produk mobil. Keanekaragaman produk mobil yang ada pada saat ini mendorong konsumen untuk melakukan identifikasi dalam pengambilan keputusan saat menentukan suatu merek yang menurut mereka memenuhi kriteria sebuah produk mobil yang ideal. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Menganalisis citra merek produk Toyota Avanza di kota Sukabumi, 2. Menganalisis kualitas produk Toyota Avanza di kota Sukabumi, 3.Menganalisis citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Toyota Avanza di kota Sukabumi. penulis melakukan penelitian pada AUTO 2000 cabang sukabumi beralamat di Jalan Raya Sukabumi- Cianjur Km 8, Kampung Cipetir RT 001/RW 001 Desa Priangan Jaya Kecamatan Sukalarang Kabupaten Sukabumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tabulasi silang untuk menganalisis Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Toyota Avanza Dikota Sukabumi. Metode pengambilan sample menggunakan teknik Random sampling, sebanyak 188 responden. Adapun teknik analisis dengan Tabulasi Silang menggunakan teknik Multiple Respons dengan menggunakan SPSS 23. Hasil rata-rata nilai index Citra Merek (Brand Image) mobil Toyota Avanza 59% yang dimana disetiap indikator dalam Citra Merek (Brand Image) yaitu Citra Pembuat (Corporate Image), Citra Pemakai (User Image), dan Citra Produk (Product Image) memiliki keterangan pada interval 40%-60% dengan keterangan cukup baik. Hasil rata-rata nilai index kualitas produk mobil Toyota Avanza 64,79% yang dimana setiap indikator dalam kualitas produk yaitu kinerja (performance), ciri-ciri atau keistimewaan tambahan (features), kehandalan (reliability), kesesuaian dengan spesifikasi (conformance to specifications), daya tahan (durability), Serviceability, estetika dan kualitas yang dipresepsikan (perceived quality) memiliki keterangan pada interval 60%-80% dengan keterangan baik. Hasil rata-rata nilai index Keputusan Pembelian mobil Toyota Avanza sebesar 85,2% yang dimana disetiap indikator memiliki keterangan pada interval 80%-100% dengan keterangan baik. Saran perusahaan diminta untuk mempertahankan dan meningkatkan Citra Merek dan Kualitas Produknya untuk dapat bersaing dengan pesaing yang ada.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.