PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus (Service) Kendaraan Pada PT Astra Internasional, Tbk Cabang AUTO2000 Dramaga Bogor)

Wilda Oktaviani, Ferdisar Adrian, Nizam M Andrianto

Abstract


AUTO2000 Dramaga merupakan perusahaan Astra Internasional yang bergerak di bidang layanan otomotif baik itu penjualan dan purna jual. Dalam penelitian kali ini, peneliti akan meneliti permasalahan yang ada pada purna jual. AUTO2000 Dramaga selalu berusaha memenuhi kebutuhan konsumen. Sehingga untuk meraih potensi pasar yang ada, yaitu dengan promosi. Untuk membuktikan hal itu Penulis melakukan survey lapangan berupa kuesioner guna memperkuat seberapa besarkah orang-orang yang sudah mengetahui adanya AUTO2000 Dramaga ini. Dari hasil survey lapangan yang dilakukan Penulis dengan jumlah 20 orang responden. Hanya 7 orang atau sekitar 30% dari 100% responden yang mengetahui AUTO2000 Dramaga Bogor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh yang parsial antara bauran promosi dengan keputusan pembelian di AUTO2000 Dramaga Bogor, untuk menganalisis bagaimana pengaruh secara simultan antara bauran promosi dengan keputusan pembelian di AUTO2000 Dramaga Bogor dan untuk menganalisis variabel yang berpengaruh secara dominan antara bauran promosi terhadap keputusan pembelian di AUTO2000 Dramaga Bogor. Penelitian ini bersifat deskriptif, data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung dan menyebarkan kuesionerkepada responden yang berada dikawasan sekitar AUTO2000 Dramaga Bogor. Metode yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini diketahui bahwa secara parsial variabel bauran promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Ada empat variabel bauran promosi yaitu, advertising, sales promotion, online and social media marketing, personal selling. Secara simultan variabel bauran promosi yang paling berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian adalah personal selling. Saran pelaksanaan promosi yang dilakukan AUTO2000 Dramaga Bogor untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen harus lebih ditingkatkan kembali, dengan cara advertising, sales promotion, online and social media marketing, personal selling. Dan Untuk pihak AUTO2000 Dramaga agar melihat variabel personal selling (penjualan langsung), karena secara tidak langsung variabel ini berpengaruh secara dominan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.