ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI SMARTPHONE IPHONE (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PAKUAN)

Siti Rohmah Fitriah, Ferdisar Adrian, Nizam M Andrianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang mempengaruhi perilaku konsumen membeli smartphone iPhone pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan?. Penelitian mengenai Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Membeli Smartphone IPhone (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan), Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitataif dengan pendekatan deskriptif eksploratif, dan menggunakan data primer dan data sekunder, dengan jumlah 96 responden. Kemudian analisis data yang digunakan adalah analisis deskipif dan analisis crosstab chi-square. Hasil pengolahan data menunjukan berdasarkan tanggapan dari para responden mengenai pernyataan yang berkaitan dengan Indikator faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa: : faktor budaya dengan faktor pribadi dapat di lihat dari chi-square hitung 39,644 ≥ t tabel 15,51 maka Ho di tolak itu artinya ada hubungan antara faktor budaya dengan faktor pribadi, faktor pribadi dengan faktor psikologis dapat di lihat dari chi-square hitung 23,995 ≥ t tabel 12,59 maka Ho di tolak itu artinya ada hubungan antara faktor pribadi dengan faktor psikologis, faktor pribadi dengan faktor budaya dapat di lihat dari chi-square hitung 39,644 ≥ t tabel 15,51 maka Ho d itolak itu artinya ada hubungan antara faktor pribadi dengan faktor budaya, faktor pribadi dengan faktor sosial dapat di lihat dari chi-square hitung 12,949 ≥ t tabel 12,59 maka Ho di tolak itu artinya ada hubungan antara faktor pribadi dengan faktor sosial dan faktor psikologis dengan faktor pribadi dapat di lihat dari chi-square hitung 23,995 ≥ t tabel 12,59 maka Ho ditolak itu artinya ada hubungan antara faktor psikologis dengan faktor pribadi.


Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Armstrong, K. (2015). Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth Edition. England: Pearson Edukation.

Astin Naomi Saekoko dan Antonio E.L. Nyoko .(2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Xiaomi Di Universitas Nusa Cendana). Journal Of Management

Bintar Arum Kusuma.(2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Ponsel Merek Samsung (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta

Joriye, R. a. (2015). Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas, Motivasi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Iphone Pada Pusat Pembelanjaan ITC Manado. unsrat.ac.id, 829.

Kotler,Philip and Kevun Lane Keller. (2016). Marketing Management. 15 th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Nurliana, Samsurijal Hasan.(2020). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Millenial Dalam Keputusan Pembelian Hp Vivo Di Bangkinang Kota. Riset Manajemen Indonesia.

Priansa. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta. Setiadi, N. (2015). Perilaku Konsumen. Jakarta: Prenada Media Grup.

Rosad, S. d. (2015). Manajemen Pemasaran. Bogor: Media.

Saekoko, N. a. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Smartphone Xiaomi(Studikasus Pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Xiaomi Di Universitas Nusa Cendana). Of Management, 49-64.

Sunyoto, D. (2015). Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Yogyakarta: CAPS. Tantri, A. d. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Zea Peberita dan Rosmayani Rosmayani.(2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Oriflame Pada Pt. Orindo Alam Ayu Cabang Pekanbaru.Administrasi Bisnis,Manajemen dan Ekonomi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.