ANALISI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD PALABUHAN RATU
Abstract
Pelayanan kesehatan rawat inap merupakan salah satu pelayanan yang mejadi perhatian utama rumah sakit dikarenakan rawat inap merupakan pelayanan pasien masuk RS yang menempati tempat tidur untuk keperluan obserasi, diagnosa, terapi, rehabilitas medik dengan pengawasan dokter setiap hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSUD Palabuhanratu. Penelitian ini merupakan penlitian kualitatif dengan responden pengguna jasa ,rawat inap”. Pemilihan responden dilakukan dengan metode propotional. (Stratified propotional Sampling ). Dengan total 100 responden berdasarkan pada perhitungan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan kusioner dan wawancara dan metode analisis data mengunakan analisis deksriptif. Hasil pengujian dari 15 atribut pelayanan yang ada di RSUD Palabuhan ratu sudah baik. Hasil rata-rata tingkat kepuasan terhadap tingkat kinerja dan tingkat harapan pasien rawat inap RSUD Palabuhanratu dari tingkat kesesuaian sebesar 91.06% < dari 100% maka dari hasil perhitungan tersebut dapat dikatakan bahwa pelayanan pasien rawat inap di RSUD Palabuhan ratu belum memenuhi pasien rawat inapnya. Berdasarkan hasil uji Importance Performance Analisys atribut pelayanan yang berada pada kuadran A dinilai oleh konsumen penting tetapi kinerja atribut pelayanan tersebut belum baik, sehingga konsumen kurang puas. Atribut pelayanan yang berada pada kuadran B atribut pelayanan yang dinilai pentingdan kinerjanya dinilai bagus sehingga konsume puas. Atribut yang berada pada kuadran C atribut ini dinilai kurang penting oleh konsumen dan kinerjanya yang kurang baik sehingga konsumen kurang puas. Atribut pelayanan yang berada pada kuadran D atribut pelayanan ini dinilai kurang penting oleh konsumen tetapi kinerjanya cukup baik sehingga dinilai berlebihan oleh konsumen
Full Text:
PDFReferences
Alma, Buchari. 2015. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Arief, Mts. 2018. Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Malang: Penerbit Bayumedia Publishing Anggota IKAPI.
Daryanto Dan Ismanto Setyabudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Dwi Gutian Alhamzani Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasie Rawat Inap Pegguna Kartu Penyelengara Jaminan Sosial di Rumah Sakit Umum Daerah Inche
ABDUL MOEIS SAMARINDA. Jurnal Ilmu Pemerintahan 2018 (4): 1593-1606 ISSN 2477-2631 https://www.google.com/search?hl=id&q=jurnal+kualitas+pelayanan+terhadap+tingkat+kepuasan+pasien+rawat+inap+pengguna+jaminan+sosial+di+rumah+sakir+abdul+moeis+samarinda+dwi+gutian+al+hamzani
Hary. 2019. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit PT Grasindo Anggota IKAPI
Herdiansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Penerbit GAVAMEDIA
Samuddin, Harun (2019). Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Umum DR
Mohammad Hoesin Palembang. JurnalEcoment Global, 4, 65. ISSN: 2540-816Xhttps://www.neliti.com/id/publications/287455/kualitas-pelayanan-terhadap-kepuasan-pasien-rawat-jalan-rumah-sakit-umum-pusat-d
Indrawat, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan (hal. 2). Surabaya: Unitomo Press Anggota IKAPI.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2019. Marketing Management, 13th Edition, Dartmounth College.
Limakrisna, Nandan dan Togi. 2019. Manajemen Pemasaran. Edisi ke 3. Jakarta: Penerbit
Mitra Wacana Media Anggota IKAPI
Mursyid. 2019. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Bumi Akasara.
Nona yulianti pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuadan pasien pada unit rawat inap dr hasan sadikin bandung. e-Proceeding of Management : Vol.2, No.2 Agustus2015|Page2060https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/102311/pengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap-kepuasan-pasien-pada-unit-rawat-inap-rumah-sakit-dr-hasan-sadikin-bandung.html
Ramadhan , B., Rahmiati, & Maulana , A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Semen Padang. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha, 315, Volume 01 2019 ISSN: Online 2655-6499.http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/mnj/article/view/5524
Rodame monitorir pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap pada rsud gunung tuakecamatan piribi lawas utara. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam Volume 4 Nomor 2 Ed. Juli - Desember 2018 : hal. 286-296p-ISSN: 2356-492X e-ISSN : 2549-9270 http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/attijaroh/article/view/1104
Shinta, Agustina. 2015. Manajemen Pemasaran.Malang: Penerbit Universitas Brawijaya Press (UB Press).
Swasta, Basu. 2016. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit BPFE
Sudarsono, Heri. 2019. Manajemen Pemasaran. Jember: Penerbit CV. PUSTAKA ABADI Anggota IKAPI
Samuddin, Harun (2019). Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Umum DR Mohammad Hoesin Palembang. JurnalEcoment Global, 4, 65.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen, Cetakan Kedua, Bandung: Penerbit Alfabeta.
Statistika Untuk Penelitian, Cetakan Kedua puluh Delapan, Bandung: Penerbit Alfabeta
Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat kepuasan Pelanggan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Tjiptono, Fandy. 2018. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit ANDI OFFSET
Fandy. 2017. Pemasaran strategik. Yogyakarta: Penerbit C.V ANDI OFFSET
Warnadi, Aris Tryono. 2019. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit DEEPUBLISH Anggota IKAPI
Wijaya, Toni. 2018. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: Penerbit Indeks
Refbacks
- There are currently no refbacks.