PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI PRODUK WEARABLE SMARTWATCH XIAOMI (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan)

Sekar Nayomi, Hari Muharam, Arie Wibowo Irawan

Abstract


Perkembangan teknologi yang sangat pesat di era globalisasi ini telah memberikan manfaat dalam
kemajuan diberbagai aspek. Semenjak berkembangnya teknologi muncul teknologi baru yang menjadi alat
penyambung komunikasi serta penunjang gaya hidup yang andal, teknologi tersebut dapat disebut dengan
teknologi smartwach. Smartwatch dan Smartband merupakan salah satu bagian dari wearable devices.
Wearable Device adalah suatu perangkat komputer yang masuk kedalam ruang pribadi pengguna, dikendalikan
oleh pengguna dan baik pengoperasian ataupun interaksinya selalu dapat diakses. Tren pengguna smartwatch
mulai popular di Indonesia pada tahun 2017, ketika Xiaomi menjadi merek yang paling dicari dengan produk Mi
Band nya dimana mereka berhasil memuncaki daftar pencarian produk tersebut dengan angka 17.8% dan terus
meningkat di tahun 2018 menjadi sebesar 34.2%. Xiaomi adalah perusahaan elektronik swasta Tiongkok yang
berkantor pusat di Beijing. Didirikan pada tahun 2010, perusahaan ini dengan cepat telah menjadi salah satu
perusahaan teknologi terkemuka di dunia. Penelitian ini adalah penelitian asosiatif menggunakan metode
survei dengan menyebarkan kuesioner kepada peminat smartwatch di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Pakuan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 responden dengan metode yang digunakan adalah non
probability sampling dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purpose sampling. Pengumpulan
data dilakukan melalui wawancara, kuesioner, buku dan juga melalui penelitian-penelitian terdahulu yang
berkaitan dengan pengaruh bauran pemasaran dan minat beli.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh positif terhadap minat beli produk smartwatch pada mahasiswa manajemen FEB UNPAK,
didapat nilai R Square sebesar 0,101. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Bauran Pemasaran memberikan
kontribusi terhadap Minat Beli sebesar 10.1% sedangkan sisanya 89.9% kontribusi dari variabel lainnya. Hasil
Uji T dapat diperoleh hasil atau nilai signifikansi uji parsial T sebesar 0.002 yang artinya lebih kecil dari 0.05 (Sig
t < Sig a) sehingga hipotesis kedua pada penelitian ini diterima. Artinya dapat disimpulkan bahwa Bauran
Pemasaran (Produk, Harga, Tempat/ Saluran Distribusi dan Promosi) berpengaruh positif terhadap Minat Beli
pada Produk Wearable Smartwatch Brand Xiaomi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.