IMPLEMENTASI BUSINESS INTELLIGENCE UNTUK VISUALISASI DATA MILIKKI THRIFT SHOP

Satria Nugraha, Salmah Salmah, Doni Wihartika

Abstract


Milikki Thrift Shop adalah perusahaan individu atau perseorangan yang bergerak di bidang penjualan
pakaian bekas atau thrift shop. Dalam membantu kinerja perusahaan, Milikki Thrift Shop memerlukan
penerapan aplikasi business intelligence berbasis dashboard system menggunakan Tableau. Dalam penerapan
aplikasi BI ini, metodologi yang digunakan adalah BI Roadmap. Selanjutnya dilakukan proses ETL menggunakan
Tableau Prep. Kemudian dilakukan fase penerapan yakni pemilihan dan penggunaan tools aplikasi BI. Setelah
itu diambil kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan. Hasil dari penelitian ini adalah laporan berupa
dashboard yang dapat digunakan oleh Milikki Thrift Shop untuk membuat keputusan yang lebih baik.


Full Text:

PDF

References


Adhi, B. (2021, Januari 5). Adhi Bagus. Retrieved from Dasar-Dasar Belajar Tableau: https://adhibagus.com/belajar-dasar-dasar-

tableau/

Angga. (2021). Legalitas Thrift Shop dan Preloved di Indonesia. Journal Kertha Desa, Vol.9 No.6.

Beltran, K. Y. (2021). Credit Card Sales Performance Dashboard, Proceedings of the International Conference on Industrial

Engineering and Operations Management.

Dhea, S. (2022, Februari 17). Tableau: Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya.

Retrieved from MY SKILL:

https://myskill.id/blog/dunia-kerja/tableau-

definisi-fungsi-cara-menggunakannya/

Dwijayanti, F. N. (2021). Analisa Sentimen Ulasan

Pelanggan Terhadap Layanan Grab

Indonesia Menggunakan Multinasional

Naive Bayes Classifer. Journal Linguist

Komputasional.

Elin, A. (2020). Pengembangan Business

Intelligence Dashboard pada usaha Retail Di

CV. Duta Square Bandar Lampung. Jurnal

Manajemen Teknologi dan Informatika.

Epriliana, E. (2019). Pengembangan Business

Intelligence Dashboard pada usaha Retal CV

Ambari Semesta Cirebon. Jurnal

Manajemen Teknologi dan Informatika.

Fernando. (2018). Visualization Using Google

Data Studio. Natl. Semin. Inf. Technol.Eng.,

vol. Available: https://e-jurnal. lppmunsera.

org/index .php /snartisi/ issue /view/100.

Hananto, V. R. (2017). Buku Ajar Kecerdasan

bisnis. Surabaya: Institut Bisnis dan

Informatika Stikom Surabaya.

Hanifah, L. A. (2019). Pengembangunan Business

Intelligence pada Toserba.

Harsina. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran

terhadap keputusan pembelian Toyota Yaris

pada PT. Hadji Kalla Cabang Urip Sumoharjo

di kota makasar. (Doctoral Disertation, FE),

http://eprints.unm.ac.id/6665/.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing

Management . Person: Pretince Hall.

Luthfi Hilmansyah, S. M. (2022). Implementasi

Datawarehouse Dalam Menentukan Tabel

Fakta melalui proses ETL Di Alwy Mart.

Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi dan Rekayasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.