IMPLEMENTASI BUSINESS INTELLIGENCE UNTUK VISUALISASI DATA MILIKKI THRIFT SHOP
Abstract
Milikki Thrift Shop adalah perusahaan individu atau perseorangan yang bergerak di bidang penjualan
pakaian bekas atau thrift shop. Dalam membantu kinerja perusahaan, Milikki Thrift Shop memerlukan
penerapan aplikasi business intelligence berbasis dashboard system menggunakan Tableau. Dalam penerapan
aplikasi BI ini, metodologi yang digunakan adalah BI Roadmap. Selanjutnya dilakukan proses ETL menggunakan
Tableau Prep. Kemudian dilakukan fase penerapan yakni pemilihan dan penggunaan tools aplikasi BI. Setelah
itu diambil kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan. Hasil dari penelitian ini adalah laporan berupa
dashboard yang dapat digunakan oleh Milikki Thrift Shop untuk membuat keputusan yang lebih baik.
Full Text:
PDFReferences
Adhi, B. (2021, Januari 5). Adhi Bagus. Retrieved from Dasar-Dasar Belajar Tableau: https://adhibagus.com/belajar-dasar-dasar-
tableau/
Angga. (2021). Legalitas Thrift Shop dan Preloved di Indonesia. Journal Kertha Desa, Vol.9 No.6.
Beltran, K. Y. (2021). Credit Card Sales Performance Dashboard, Proceedings of the International Conference on Industrial
Engineering and Operations Management.
Dhea, S. (2022, Februari 17). Tableau: Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya.
Retrieved from MY SKILL:
https://myskill.id/blog/dunia-kerja/tableau-
definisi-fungsi-cara-menggunakannya/
Dwijayanti, F. N. (2021). Analisa Sentimen Ulasan
Pelanggan Terhadap Layanan Grab
Indonesia Menggunakan Multinasional
Naive Bayes Classifer. Journal Linguist
Komputasional.
Elin, A. (2020). Pengembangan Business
Intelligence Dashboard pada usaha Retail Di
CV. Duta Square Bandar Lampung. Jurnal
Manajemen Teknologi dan Informatika.
Epriliana, E. (2019). Pengembangan Business
Intelligence Dashboard pada usaha Retal CV
Ambari Semesta Cirebon. Jurnal
Manajemen Teknologi dan Informatika.
Fernando. (2018). Visualization Using Google
Data Studio. Natl. Semin. Inf. Technol.Eng.,
vol. Available: https://e-jurnal. lppmunsera.
org/index .php /snartisi/ issue /view/100.
Hananto, V. R. (2017). Buku Ajar Kecerdasan
bisnis. Surabaya: Institut Bisnis dan
Informatika Stikom Surabaya.
Hanifah, L. A. (2019). Pengembangunan Business
Intelligence pada Toserba.
Harsina. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran
terhadap keputusan pembelian Toyota Yaris
pada PT. Hadji Kalla Cabang Urip Sumoharjo
di kota makasar. (Doctoral Disertation, FE),
http://eprints.unm.ac.id/6665/.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing
Management . Person: Pretince Hall.
Luthfi Hilmansyah, S. M. (2022). Implementasi
Datawarehouse Dalam Menentukan Tabel
Fakta melalui proses ETL Di Alwy Mart.
Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi dan Rekayasa.
Refbacks
- There are currently no refbacks.