HUBUNGAN PERSEPSI HARGA DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN TOYOTA AVANZA DI AUTO 2000 YASMIN BOGOR
Abstract
ABSTRAK
Harga merupakan salah satu faktor penting dalam penjualan. Kesalahan dalam menetapkan harga akan menimbulkan persepsi yang kurang baik mengenai harga yang ditetapkan oleh perusahaan, sehingga akan berhubungan dengan proses keputusan pembelian konsumen yang tentunya akan mempengaruhi tingkat penjualan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan persepsi harga, keputusan pembelian dan untuk menganalisis hubungan persepsi harga dengan keputusan pembelian Toyota Avanza pada Auto 2000 Yasmin Bogor. Penelitian ini dilakukan di Auto 2000 Yasmin Bogor. Perusahaan ini berlokasi di Jalan KH Sholeh Iskandar No. 9, Kedung Jaya, Tanah Sereal, Kota Bogor. Jenis penelitian adalah penelitian verifikatif dengan metode penelitian explanatory survey. Metode analisis data berupa analisis deskriptif, korelasi Rank Spearman, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Persepsi harga mempunyai nilai sebesar 4,08 (terjangkau), hal tersebut berarti Toyota Avanza memiliki harga yang terjangkau dan lebih murah dibandingkan harga mobil merek lain pada tipe yang sama. Proses keputusan pembelian mempunyai nilai sebesar 4,47 (pasti membeli), menunjukkan bahwa konsumen memutuskan untuk membeli Toyota Avanza. Hubungan persepsi harga dengan proses keputusan pembelian Toyota Avanza pada Auto 2000 Yasmin Bogor, dapat dilihat dari hasil pengujian korelasi Rank Spearman, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Nilai korelasi Rank Spearman sebesar 0,456. Nilai tersebut menunjukkan hubungannya sedang antara persepsi harga dengan keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,2079 atau 20,79%. Hal ini menunjukkan bahwa 20,79% keputusan pembelian Toyota Avanza dipengaruhi oleh variabel persepsi harga. Sedangkan 79,21% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti yang memiliki hubungan dengan keputusan pembelian. Hasil output SPSS, nilai Sig.(1-tailed) sebesar 0,000, dengan demikian tolak H0, artinya terdapat hubungan positif antara persepsi harga dengan proses keputusan pembelian Toyota Avanza pada Auto 2000 Yasmin Bogor Dengan kata lain, persepsi harga mempunyai hubungan dengan variabel proses keputusan pembelian Toyota Avanza.
Kata Kunci: Persepsi Harga, Keputusan Pembelian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.