PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA CV GUNA MOTOR I BOGOR

Poppy Maryanti, Sri Hartini, Oktori Kizwanti Zaini

Abstract


POPPY MARYANTI, NPM 021113063, Manajemen Pemasaran, Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada CV. Guna Motor I Bogor, Ketua Komisi Pembimbing SRI HARTINIdan Anggota Komisi Pembimbing OKTORI KISWATI ZAINI. CV. Guna Motor I adalah perusahaan yang bergerak dibidang otomotif. Latar belakang penulis melakukan penelitian ini dikarenakan setiap tahunnya CV. Guna Motor I meningkatkan biaya promosinya, akan tetapi penjualannya justru menurun pada tahun 2015. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan biaya bauran promosi yang dilakukan oleh CV. Guna Motor I. (2) Untuk menganalisis pengaruh bauran promosi terhadap peningkatan penjualan pada CV. Guna Motor I. Dari hasil perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan regresi sebagai berikut Y = 281.946 - 1.222.005BPK + 5.337.005BPR - 4.785.005BPS + e. Dari persamaan regresi tersebut dapat diinterpretasikan bahwa jika nilai variabel Bauran Promosi sebesar 0, maka penjualan sebesar Rp 281.946, dan Biaya Periklanan (BPK) mempunyai koefisien regresi sebesar -Rp1.222.005 menyatakan bahwa setiap kenaikan 1 rupiah Biaya Periklanan (BPK), maka penjualan mengalami penurunan sebesar Rp1.222.005, dengan asumsi bahwa variabel Biaya Promosi penjualan dan Biaya Personal Selling dalam model persamaan regresi adalah konstan. Biaya Promosi Penjualan (BPP) mempunyai koefisien regresi sebesar Rp5.337.005 menyatakan bahwa setiap kenaikan 1 rupiah Biaya Promosi Penjualan, maka penjualan mengalami peningkatan sebesar Rp 5.337.005, dengan asumsi bahwa variabel Biaya Periklanan dan Biaya Personal Selling dalam model regresi adalah konstan. Sedangkan Biaya Personal Selling (BPS) mempunyai koefisien regresi sebesar -Rp 4.785.005 menyatakan bahwa setiap kenaikan 1 rupiah Biaya Personal Selling, maka penjualan mengalami penurunan sebesar Rp4.785.005, dengan asumsi bahwa variabel Biaya Periklanan dan Biaya Promosi Penjualan dalam model regresi adalah konstan. Nilai r sebesar 0,539 artinya korelasi antara variabel bauran promosi dengan indikator biaya periklanan, biaya promosi penjualan dan biaya personal selling terhadap peningkatan penjualan menunjukan hubungan yang sedang. Bauran Promosi yang terdiri dari Biaya Periklanan, Biaya Promosi Penjualan dan Biaya Personal Selling, memberikan kontribusi terhadap peningkatan penjualan sebesar 29,0% dan sisanya sebesar 71% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil analisis secara parsial (Uji t) yang didapat Biaya Periklanan (BPK) tidak berpengaruh terhadap peningkatan penjualan,sedangkanBiaya Promosi Penjualan (BPP) danBiaya Personal Selling (BPS) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan. Secara simultan (Uji F) Bauran Promosi dengan indikator Biaya Periklanan, Biaya Promosi Penjualan dan Biaya Personal Selling secara bersama-sama Berpengaruh signifikan terhadap Peningkatan Penjualan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.