PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BATIK BOGOR TRADISIKU

M. Gyan Azmi Gunaidha

Abstract


Batik Bogor Tradisiku merupakan salah satu unit usaha industri batik yang berkembang di Indonesia dan selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan batik Indonesia. Salah yang dilakukan untuk meraih potensi pasar yang terus meningkat yaitu dengan Promosi. Faktanya promosi yang dilakukan dalam bentuk Branding belum optimal, hal in terlihat dari penilaian persepsi konsumen yang belum mencapai sasaran ( lebih dari 90 % konsumen tidak mengetahui Batik bogor Tradisiku). Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis bagaimana pengaruh yang parsial antara bauran promosi dengan keputusan pembelian di Batik Bogor Tradisiku, untuk menganalisis bagaimana pengaruh secara simultan antara bauran promosi dengan keputusan pembelian di Batik Bogor Tradisiku dan untuk mengnalisis variabel yang berpengaruh secara dominan antara bauran promosi terhadap keputusan pembelian di Batik Bogor Tradisiku. Penelitian ini berifat deskriptif, data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi langsung ke perusahaan. Metode yang digunakan adalah dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini diketahui bahwa secara parsial variabel bauran promosi yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian ada 3 variabel yaitu promosi penjualan, penjualan perseorangan, dan hubungan masyarakat, sedangkan periklanan dan penjualan langsung tidak berpengaruh. secara simultan bauran promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan pengaruh paling dominan dalam bauran promosi terhadap keputusan pembelian adalah penjualan langsung. Saran dari penelitian Pelaksanaan promosi yang dilakukan Batik Bogor Tradisiku belum baik karena masih ada beberapa yang harus dibenahi terutama dalam hal promosi penjualan, penjualan perseorangan dan hubungan masyarakat. Oleh karena itu akan lebih baik jika lebih menarik ke konsumen di kalangan anak muda agar branding batik bogor tardisiku bisa tercapai
Kata kunci : Bauran Promosi, Keputusan Pembelian, Parsial, Simultan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.