HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DENGAN HASIL BELAJAR
Abstract
Ade Hasan Pahrudin, 037111327, Penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis pendekatan korelasional dan menggunakan metode survei, yang terdiri dari kecerdasan logis matematis sebagai Variabel bebas dan hasil belajar sebagai Variabel terikat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan logis matematis dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2016. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV, Sekolah Dasar Negeri Kedung Halang II (dua) Kota Bogor berjumlah 26 Siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kedung Halang II (dua) Kota Bogor. Berjumlah 26 responden. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket untuk variable Kecerdasan Logis Matematis dan soal untuk instrumen hasil belajar Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi. Teknik analisis regresi menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu: Ŷ = 0,15 + 1,1 rxy, dengan harga F hitung> F tabel(α=0,05) = 490,63> 0,60 yang menyatakan bahwa sangat signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara Kecerdasan Logis Matematis Dengan Hasil Belajar.
Kata Kunci : Kecerdasan Logis Matematis dengan Hasil Belajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.