PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH

Ani Anggraeni

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen quasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran  kooperatif numbered heads together dan model pembelajaran kooperatif make a match. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cilangkap 5 pada siswa kelas VA, VB dan VC semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif numbered heads together dan melalui model pembelajaran konvensional. Hal ini dilihat dari rata-rata N-Gain model pembelajaran kooperatif numbered heads together sebesar 63,11 dan model pembelajaran konvensional sebesar 47,94. Hasil pengujian hipotesis yaitu  >  yaitu 4,147 > 1,99601, terdapat perbedaan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif make a match dan melalui model pembelajaran konvensional. Hal ini dilihat dari rata-rata N-Gain model pembelajaran kooperatif make a match sebesar 55,03 dan model pembelajaran konvensional sebesar 47,94. Hasil pengujian hipotesis yaitu  >  yaitu 2,043 > 1,99601, terdapat perbedaan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif numbered heads together dan melalui model pembelajaran make a match. Hal ini dilihat dari rata-rata N-Gain model pembelajaran kooperatif NHT sebesar 63,11 dan model pembelajaran make a match sebesar 55,03. Hasil pengujian hipotesis yaitu  >  yaitu 2,348 > 1,99601. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif numbered heads together dan model pembelajaran kooperatif make a match.

 

Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Numbered Heads Together, Make a Match

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.