PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen quasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif numbered heads together dan model pembelajaran kooperatif make a match. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cilangkap 5 pada siswa kelas VA, VB dan VC semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif numbered heads together dan melalui model pembelajaran konvensional. Hal ini dilihat dari rata-rata N-Gain model pembelajaran kooperatif numbered heads together sebesar 63,11 dan model pembelajaran konvensional sebesar 47,94. Hasil pengujian hipotesis yaitu > yaitu 4,147 > 1,99601, terdapat perbedaan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif make a match dan melalui model pembelajaran konvensional. Hal ini dilihat dari rata-rata N-Gain model pembelajaran kooperatif make a match sebesar 55,03 dan model pembelajaran konvensional sebesar 47,94. Hasil pengujian hipotesis yaitu > yaitu 2,043 > 1,99601, terdapat perbedaan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif numbered heads together dan melalui model pembelajaran make a match. Hal ini dilihat dari rata-rata N-Gain model pembelajaran kooperatif NHT sebesar 63,11 dan model pembelajaran make a match sebesar 55,03. Hasil pengujian hipotesis yaitu > yaitu 2,348 > 1,99601. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif numbered heads together dan model pembelajaran kooperatif make a match.
Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Numbered Heads Together, Make a Match
Refbacks
- There are currently no refbacks.