PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

asti mutiara

Abstract


Asti Mutiara. 037113010. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri Parakan 01 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor. 2017. Penelitian dengan desain penelitian tindakan kelas dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Tujuan penelitian adalah memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Subyek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Parakan 01 Bogor sebanyak 36 siswa, terdiri dari 18 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar pada siklus I memperoleh nilai 66 dengan ketuntasan belajar sebesar 58%, sedangkan siklus II memperoleh nilai rata-rata 80 dengan ketuntasan belajar sebesar 86%. Hasil ini sudah melebihi indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Penilaian proses pembelajaran pada siklus I sebesar 74% dan siklus II sebesar 90,5%. Hasil observasi sikap siswa juga menunjukkan adanya peningkatan partisipasi aktif, kerjasama, dan tanggungjawab siswa dengan rata-rata pada siklus I yaitu 75%, sedangkan siklus II memperoleh rata-rata 86%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri Parakan 01 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Semester Genap tahun pelajaran 2016/2017. Selain itu, dapat meningkatkan partisipasi aktif, kerjasama, dan tanggungjawab siswa.

 

Kata kunci: Hasil belajar, inkuiri terbimbing, Ilmu Pengetahuan Alam.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.