Peningkatan Hasil Belajar Tentang Sifat Cahaya Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Demonstrasi

Dinar Wijayanti

Abstract


Penelitian ini dengan desain dan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan perbaikan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas V-C SDN Durensribu 04 Kecamatan Bojongsari Kota Depok pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui Metode Demonstrasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-C Sekolah Dasar Negeri yang terdiri dari 42 siswa, dengan komposisi 23 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada siklus pertama memperoleh 64,88 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 48%, sedangkan siklus kedua memperoleh nilai 80,19 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 88%. Sedangkan hasil observasi siswa menunjukkan adanya peningkatan pada kedisiplinan, kerjasama, tanggung jawab siswa pada siklus pertama dengan rata-rata 75,00 sedangkan siklus dua dengan nilai rata-rata 84,00 dan penilaian proses pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh nilai rata-rata 77,63 sedangkan siklus II dengan nilai rata-rata 90,26. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Peningkatan Hasil Belajar Tentang Sifat Cahaya Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Demonstrasi dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VC di Sekolah Dasar Negeri Durenseribu 04 Kecamatan Bojongsari Kota Depok. Selain itu metode Demonstrasi ini dapat meningkatkan kedisiplinan,kerjasama, dan tanggung jawab siswa dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Metode Demonstrasi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.