Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan secara kolaboratif menggunakan dua siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki pelaksanaan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Subyek Penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Cileuksa 05 Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor yang terdiri dari 35 siswa, dengan komposisi 24 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh nilai 77,85 dan penilaian siklus II memperoleh nilai 88,09, begitu puga hasil observasi perubahan perilaku siswa, pada siklus I memperoleh nilai 75,48 sedangkan siklus II memperoleh nilai 86,00. Selanjutnya penilaian ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 66,28 dengan hasil ketuntasan 60%, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 73,94 dengan hasil ketuntasan 85,71%. Penelitian ini berkesimpulan bahwa adanya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Cileuksa 05 Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor. Selain itu, model pembelajaran ini dapat meningkatkan kedisiplinan, kerjasama dan keaktifan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Discovery Learning
Refbacks
- There are currently no refbacks.