PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Lismaulida Putri

Abstract


Penelitian ini dengan desain dan model penelitian tindakan kelas serta dilaksanakan secara kolaboratif dan tiga siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 2 Benteng Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Benteng Kabupaten Sukabumi sebanyak 38 siswa yang terdiri dari 19 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan tiga siklus, pada siklus satu, siklus dua, dan siklus tiga yang terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penilaian kualitas proses pembelajaran pada siklus I sebesar 69,52, siklus II sebesar 78,33, dan siklus III sebesar 91,19 sudah melampaui indikator keberhasilan 85. Sedangkan hasil observasi siswa menunjukan adanya peningkatan pada sikap berupa disiplin, kerja sama dan tanggung jawab siswa dengan memperoleh nilai pada siklus I yaitu 64,12, sedangkan siklus II memperoleh nilai 81,61, dan siklus III memperoleh nilai 93,67 sudah melampaui indikator keberhasilan 85. Lalu hasil observasi keterampilan siswa menunjukkan adanya peningkatan dengan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 68,99, pada siklus II 83,37, dan pada siklus III 92,14 sudah melampaui indikator keberhasilan 85. Begitu pula dengan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I memperoleh nilai 64,4 atau ketuntasan belajar sebesar 57,89%, sedangkan siklus II memperoleh nilai rata-rata 67,19 atau ketuntasan belajar sebesar 73,68%, dan siklus III memperoleh nilai 81,40 atau ketuntasan belajar sebesar 89,47%; sudah melampaui KKM yang telah ditentukan yaitu 65, artinya penelitian berhasil. Berdasarkan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament dapat memperbaiki proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Benteng Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi semester genap tahun pelajaran 2016/2017.
Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif TGT, Ilmu Pengetahuan Sosial.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.