Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education

Mega Andriani

Abstract


Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan secara
kolaboratif dengan dua siklus. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk memperbaiki
proses pembelajaran dan hasil belajar matematika siswa kelas V B menggunakan pendekatan
Realistic Mathematic Education. Subyek penelitian adalah siswa kelas V B Sekolah Dasar Negeri
Ciheuleut 2 Bogor terdiri dari 36 siswa, dengan komposisi perempuan 19 siswa dan laki-laki 17
siswa. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan
data penelitian menggunakan observasi, tes, studi dokumentasi, dan wawancara. Analisis data
penelitian menggunakan reduksi, pemaparan, analisis dan interpretasi data. Hasil penelitian
menunjukkan rata-rata hasil belajar pada siklus I memperoleh 63,08 dengan ketuntasan belajar
sebesar 58%, sedangkan siklus II memperoleh 72,25 dengan ketuntasan belajar sebesar 86%. Hasil
belajar pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Kualitas proses
pembelajaran pada siklus I sebesar 77% dan siklus II sebesar 91,5%. Hasil observasi sikap siswa
juga menunjukkan adanya peningkatan partisipasi aktif, percaya diri, dan kerjasama siswa dengan
rata-rata pada siklus I yaitu 68%, sedangkan siklus II memperoleh rata-rata 79%. Hasil observasi
keterampilan siswa menunjukan adanya peningkatan dengan memperoleh rata-rata pada siklus I
yaitu 74%, sedangkan siklus II memperoleh rata-rata 84%. Berdasarkan hasil penelitian di atas
dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Realisthic Mathematic Education dapat
memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan lhasi belajar siswa pada mata pelajaran
matematika di kelas V B SD Negeri Ciheuleut 2 Kota Bogor Semester Genap tahun pelajaran
2016/2017. Selain itu, dapat meningkatkan partisipasi aktif, percaya diri, dan kerjasama serta
keterampilan siswa.
Kata kunci : Hasil belajar, Realistic Mathematic Education, Matematika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.