PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATERI MENYELESAIKAN MASALAH PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW

Ritammy Alfydena

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif komparatif dengan metode ekperimen quasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Matematika materi menyelesaikan masalah pecahan melalui model pembelajaran kooperatif STAD dan model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t. Perhitungan N-Gain pada ketiga kelompok diperoleh nilai N-Gain kelas kontrol (kelompok konvensional) sebesar 27.4, nilai N-Gain kelas eksperimen 1 (Kelompok STAD) sebesar 37.2, sedangkan nilai N-Gain kelas eksperimen 2 (Kelompok Jigsaw) sebesar 45.12. Sehingga nilai N-Gain pada kelas eksperimen 2 lebih besar dari kelompok eksperimen 1 maupun kelas kontrol.Pada uji normalitas dengan uji lieliefors ketiga sampel berdistribusi normal karena nilai ketiga sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas STAD di dapat Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,08774≤ 0,147, pada kelompok kelas Jigsaw di dapat Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,08337 ≤ 0,161, pada kelompok kelas Konvensional di dapat Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,08889 ≤ 0,154. Kemudian pada uji homogenitas didapatkan nilai X2hitung sebesar (1,701) lebih kecil dari x2tabel 5,991. Selanjutnya pada uji hipotesis pada kelompok kelas STAD dan kelompok kelas Konvensional didapatkan nilai thitung sebesar 2,729 lebih besar dari ttabel sebesar 1,996 pada kelompok kelas Jigsaw dan kelompok kelas Konvensional didapatkan nilai thitung sebesar 5,023 lebih besar dari ttabel sebesar 2.000 sedangkan pada kelompok kelas STAD dan kelompok kelas Jigsaw didapatkan nilai thitung sebesar -2,083 tidak berada diantara ttabel yaitu antara -1,998 sampai dengan 1,998. Semua hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Matematika materi menyelesaikan masalah pecahan melalui model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions dan model pembelajaran kooperatif Jigsaw.
Kata Kunci : Student Teams Achievement Divisions, Jigsaw,Hasil Belajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.