Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Example Non Example untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Siti Arya

Abstract


Penelitian ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan secara kolaboratif antara
peneliti, observer, dan kolaborator. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan
hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas VA melalui penerapan
model pembelajaran kooperatif Example Non Example. Subyek penelitian ini adalah siswa SD
Negeri Kedung Halang 02 Kelas VA yang terdiri dari 42 siswa, dengan komposisi laki-laki 21
siswa dan perempuan 21 siswa. Penelitian ini dilakukakan pada semester genap tahun pelajaran
2016/2017. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus pertama memperoleh ketuntasan
belajar sebesar 47,61% dengan nilai rata-rata 69,16 sedangkan pada siklus kedua memperoleh
ketuntasan belajar sebesar 85,71% dengan nilai rata-rata 80,23. Begitupula dengan observasi siswa
menunjukkan adanya peningkatan pada partisipasi dan aktifitas siswa dengan memperoleh nilai
pada siklus pertama yaitu 81,07, sedangkan siklus kedua memperoleh nilai 85,54. Sedangkan pada
kualitas proses pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai 81,17 dan pada siklus II memperoleh
nilai rata-rata sebesar 85,58. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa
penerapan model pembelajaran kooperatif Example Non Example dapat meningkatkan hasil
belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VA di Sekolah Dasar Negeri Kedung Halang
02 Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor. Selain itu, model pembelajaran kooperatif Example Non
Example dapat meningkatkan partisipasi dan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Example Non Example, IPA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.