PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN DAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar subtema makananku sehat dan bergizi melalui model pembelajaran penemuan, model pembelajaran inkuiri, dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Polisi 5 Kota Bogor. Pada kelas IVA, IVB, dan IVC bulan Mei Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dari ketiga sampel berdistribusi normal karena nilai < Pada uji homogenitas didapatkan nilai c²hitung (3,742) ≤ c²tabel (5,991), dan dilakukan uji hipotesis melalui uji t dengan kesimpulan hasil penelitian hipotesis nol () ditolak dan hipotesis alternatif () diterima. Hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar subtema makananku sehat dan bergizi melalui model pembelajaran penemuan dengan nilai N-Gain 70,00 dan model pembelajaran konvensional memperoleh N-Gain 54,00. Terdapat perbedaan hasil belajar subtema makananku sehat dan bergizi melalui model pembelajaran inkuiri dengan nilai N-Gain 62,00 dan model pembelajaran konvensional memperoleh N-Gain 54,00. Terdapat perbedaan hasil belajar subtema makananku sehat dan bergizi melalui model pembelajaran penemuan dengan nilai N-Gain 70,00 dan model pembelajaran berbasis memperoleh N-Gain 62,00. Simpulan terdapat perbedaan hasil belajar subtema makananku sehat dan bergizi melalui model pembelajaran penemuan dan model pembelajaran inkuiri. Model pembelajaran yang paling efektif adalah model pembelajaran penemuan dengan (N-Gain 70,00).
Kata kunci : hasil belajar, penemuan, inkuiri
Refbacks
- There are currently no refbacks.