MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI CIHEULEUT 02 KOTA BOGOR

Esa Rahmah

Abstract


Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Ciheuleut 02 Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Mind Mapping. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciheuleut 02 sebanyak 36 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kualitas pelaksanaan proses pembelajaran pada siklus I memperoleh 83,25% dan pada siklus II meningkat menjadi 91,50%. Pada nilai rata-rata peningkatan perubahan perilaku siswa siklus I yaitu 75,29% dan pada siklus II nilai perubahan peningkatan perubahan perilaku siswa meningkat yaitu 83,50% dengan interpretasi baik. Kemudian ketuntasan hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siklus I memperoleh nilai rata-rata yaitu 68,5 dengan ketuntasan hasil belajar 52,79% belum mencapai kriteria ketuntasan minimal, kemudian harus dilakukan peningkatan pada siklus II dan mengalami peningkatan sebanyak 33,33% pada siklus II memperoleh nilai rata-rata yaitu 86,11 dengan ketuntasan belajar menjadi 85,7yang mencapai kriteria ketuntasan minimal. Kesimpulan penelitian ini yaitu bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Ciehuleut 02 Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor. Selain itu, model pembelajaran kooperatif Mind Mapping dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir siswa dalam proses pembelajaran dilakukan.
Kata kunci: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping


Refbacks

  • There are currently no refbacks.