Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournaments Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournaments dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas 5. Penelitian ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 4 Kota Bogor yang terdiri dari 30 siswa, dengan komposisis 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian dilakukakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai kualitas perbaikan proses pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 81,9 sedangkan pada siklus II memperoleh 91,6 kemudian nilai rata-rata hasil belajar siklus I memperoleh nilai rata-rata 67,9 dengan presentase 56,7% dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 76 dengan presentase 86,7%. Begitu pula dengan hasil observasi perubahan prilaku siswa menunjukan peningkatkan pada siswa dengan memperoleh nilai rata-rata 76,2 dan pada silus II memperoleh nilai rata-rata 91,3. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournaments dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika pada siswa kelas 5 di Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 4 Kota Bogor. Selain itu, model pembelajaran ini dapat meningkatkan kerjasama, tanggung jawab, dan perhatian siswa dalam proses pembelajaran.
Kata kunci : Hasil Belajar, Matematika, Teams Games Turnaments
Refbacks
- There are currently no refbacks.