PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Abstract
Penelitian ini dengan desain dan model Penelitian Tindakan Kelas, serta dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperbaiki hasil belajar siswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar yang terdiri dari 31 siswa, dengan komposisi perempuan 21 siswa dan laki-laki 10 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai proses pelaksanaan pembelajaran siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 73,33 dengan interpretasi cukup baik, sedangkan siklus II memperoleh nilai rata-rata 85,45 dengan interpretasi baik. Begitu pula dengan perubahan perilaku yang nampak pada siswa siklus I memperoleh nilai 66,50 dengan interpertasi cukup baik, sedangkan siklus II meningkat menjadi 83,16 dengan interpretasi baik. Kemudian ketuntasan belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 64,51%, siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 87,09%. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa sudah berhasil dengan indikator keberhasilan sebesar 85% dan mengalami perbaikan yang bermakna. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri terbimbing dapat memperbaiki proses pembelajaran, memperbaiki proses pelaksanaan pembelajaran, perubahan perilaku siswa, dan dapat memperbaiki ketuntasan hasil belajar siswa padamata pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri Mekarwangi Kecamatan Parung Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci :Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Ilmu Pengetahuan Alam
ABSTRACT
This research is classroom action research and design model, and implemented in collaborative and two cycle. The purpose of this study is to improve student learning outcomes through guided inquiry learning model. The subjects of this study were the students of Grade V of Elementary School consisting of 31 students, with the composition of 21 female students and 10 male students. Implementation of this research is done in the even semester of the academic year 2016/2017. The results showed that the value of the process of implementation of student learning in cycle I obtained an average score of 73.33 with a fairly good interpretation, while cycle II obtained an average value of 85.45 with good interpretation. Similarly, the behavioral changes that appear in the students cycle I get the value of 66.50 with good enough interpertasi, while the second cycle increased to 83.16 with good interpretation. Then the students' learning mastery in cycle I get an average value of 64.51%, cycle II obtained an average value of 87.09%. It can be said that the completeness of student learning outcomes have been successful with the success indicator of 85% and experienced significant improvement. Based on the results of the above research can be concluded that the implementation of Guided Inquiry Learning Model can improve the learning process, improve the process of learning implementation, change student behavior, and can improve the completeness of student learning outcomes in science class lessons in class V Mekarwangi State Elementary School Parung District Bogor Even Semester of Lesson 2016/2017.
Keywords: Learning Outcomes,Guided Inquiry Learning Model , Natural Science.
Refbacks
- There are currently no refbacks.