PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION

fitri royani

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan perbaikan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar subtema cerita rakyat pada siswa kelas V dengan pendekatan saintifik melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V Sekolah Dasar yang terdiri dari 32 siswa, dengan komposisi perempuan 16 siswa dan laki-laki 17 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Proses pembelajaran ini ditujukan pada bagaimana guru dalam memberi materi sehingga siswa dapat memahami materi yang telah diajarkan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I memperoleh  nilai 60,46 atau ketuntasan hasil belajar sebesar 37,5%, sedangkan siklus II memperoleh nilai 74,88 atau ketuntasan hasil belajar sebesar 87,5%; artinya penelitian berhasil dengan penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I dengan rata-rata 76,5 kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 86,1. Sedangkan hasil observasi siswa menunjukan adanya peningkatan dengan memperoleh nilai pada siklus I sebesar 65,16 dan siklus II sebesar 75,00. Kesimpulan hasil penelitian yaitu Peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bahasa Indonesia di kelas V A Sekolah Dasar Negeri Julang Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Selain itu dapat meningkatkan Keaktifan, Ketelitian, Bekerjasama dan ketekunan pada siswa.

 

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Cooperative Integrated Reading and Composition


Refbacks

  • There are currently no refbacks.