PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISIONS DAN MODEL PEMBELAJRAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER

Doni Setiawan

Abstract


ABSTRAK

 

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian quasi eksperimen. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Citapen 01 dan SDN Cibedug 02, Subyek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Citapen 01 dan SDN Cibedug 02. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa :

  1. Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif pada materi perbandingan dan skala dengan menggunakan model pembelajaran koopeatif STAD dan pembelajaran konvensional ditunjukan dengan hasil pengujian hipotesis uji t yaitu thitung > ttabel = 3,4 > 1,99495, dengan skor rata-rata N-Gain adalah 65,75 dan pembelajaran konvensional adalah 51,72.
  2. Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif pada materi perbandingan dan skala dengan menggunakan model pembelajaran koopeatif NHT dan pembelajaran konvensional ditunjukan dengan hasil pengujian hipotesis uji t yaitu thitung > ttabel = 2,6 > 1,99773, dengan skor rata-rata N-Gain adalah 60,39 dan pembelajaran konvensional adalah 51,72.
  3. Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif pada materi perbandingan dan skala dengan menggunakan model pembelajaran koopeatif STAD dan Model pembelajaran kooperatif NHT ditunjukan dengan hasil pengujian hipotesis uji t yaitu thitung > ttabel = 2,5 > 1,99210, dengan skor rata-rata N-Gain adalah 65,75 dan pembelajaran konvensional adalah 60,39. Kesimpulan dari penelitian ini melalui model pembelajaran STAD dan NHT.

Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD lebih cocok digunakan untuk mata pelajaran matematika materi perbandingan dan skala

 

Kata Kunci : Hasil Belajar Kognitif, STAD, NHT

ABSTRACT

This research is a quasi experimental research. The purpose of this research is to know the difference of mathematics learning result through STAD cooperative learning model and NHT cooperative learning model. This research was conducted on grade V students SDN Citapen 01 and SDN Cibedug 02 in the even semester of academic year 2016/2017. The results showed that:

1.  There are differences in cognitive learning outcomes in the comparison and scale materials using STAD coopeative learning model and conventional learning is shown by the test results of t test hypothesis that is tcount> ttable = 3.4> 1.99495, with the average score of N-Gain is 65.75 and the conventional learning is 51.72.

2.  There are differences in cognitive learning outcomes in the comparison and scale materials using NHT coopeative learning model and conventional learning is shown with the result of hypothesis testing t test that is tcount> ttable = 2.6> 1.99773, with the average score of N-Gain is 60,39 and conventional learning is 51,72.

3.  There are differences of cognitive learning outcomes in the comparison and scale materials using STAD cooperative learning model and cooperative learning model NHT is shown with the test results of t test hypothesis that is tcount> ttable = 2.5> 1.99210, with the average score of N- The gain is 65.75 and the conventional learning is 60.39.

Based on the results of the above research can be concluded that STAD cooperative learning model is more suitable for mathematics subjects comparison and scale materials

 Keywords:Mathematics Learning outcome, Student Team Achivment Division, Numbered Head

Refbacks

  • There are currently no refbacks.