HUBUNGAN MANAJEMEN KELAS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

mira n

Abstract


Penelitian ini merupakan studi korelasional melalui metode survei. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Manajemen Kelas Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner berskala lima untuk variabel Manajemen dan variabel Prestasi Belajar . Uji validitas instrumen dihitung menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Pearson dan untuk koefisien reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sasanawiyata 01 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 121 siswa. Sampel yang diambil 55 siswa, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamaro.  Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas dengan ujii Liliefors untuk variabel manajemen dan prestasi belajar matematika menunjukan bahwa Lhitung < Ltabel =0,1103 < 0,1194 berarti galat baku taksir normalkemudian dilakukan pengujian homogenitas dengan uji Fisher untuk menunjukan fhitung < ftabel = 2,08 < 4,02 berarti skor pada variabel manajemen dan skor pada prestasi belajar matematika memiliki varian yang sama, sehingga kedua skor berasal dari populasi yang homogen. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model  hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 20,14 + 0,473X, artinya setiap peningkatan satu unit manajemen kelas maka akan meningkatkan prestasi belajar matematika sebesar 0,1103 unit. Hasil pengujian korelasi sederhana nilai r = 0,982 yang berarti terdapat hubungan antara variable  sangat kuat, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 96,4%.

 

 

 

Kata kunci: Manajemen Kelas, Prestasi Belajar, Matematika.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.