ANALISIS INTERAKSI SOSIAL ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER DI SEKOLAH ALAM DEPOK

Trisna Handayani

Abstract


Penelitian ini menerapkan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data dan perekaman data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Peneliti menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas untuk memperoleh keabsahan data. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan temuan bentuk interaksi sosial anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder di Sekolah Alam Depok. Pelaksanaan penelitian ini pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk interaksi sosial anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder di Sekolah Alam Depok yaitu mengarah pada dua kutub yang berlawanan yaitu kerjasama dan perkelahian (pertikaian). Subyek dapat berkerjasama ketika fasilitator memberikan tugas secara berkelompok, subyek belum dapat mengeluarkan idenya ketika mengerjakan tugas berkelompok tetapi subyek dapat membantu mengambilkan benda-benda yang dibutuhkan teman-teman kelompoknya. Sulitnya subyek dalam mengendalikan emosi membuatnya sering terpancing untuk berkelahi dengan seorang teman di kelasnya, hal ini dikarenakan ada kecemburuan sosial yang dirasakan seorang teman sekelasnya yang juga Anak Berkebutuhan Khusus karena subyek lebih disenangi teman-temannya. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa bentuk interaksi sosial dapat mengarah pada dua kutub yang berlawanan yaitu kerjasama dan perkelahian (pertikaian).
Kata kunci: Interaksi sosial, Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder, Bentuk Interaksi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.