ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENULIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Siswa berkesulitan belajar adalah siswa yang memiliki hambatan dalam proses belajar. Kesulitan belajar dibagi menjadi dua kategori, kesulitan belajar yang berhubungan dengan perkembangan dan kesulitan belajar akademik yang mencakup kesulitan belajar menulis. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana faktor penyebab siswa yang mengalami kesulitan belajar menulis dan cara penanganan yang dapat diberikan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar menulis di SDN Tegallangkap 02. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan lokasi penelitian di SDN Tegallangkap 02. Fokus penelitian ini meliputi siswa berkesulitan belajar menulis dan menulis permulaan pada siswa yang mengalami kesulitan belajar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan anak kesulitan belajar menulis memiliki penglihatan dan pendengaran yang normal, ketika menulis terdapat ketidakkonsistenan bentuk huruf dalam tulisannya, tidak ada jarak dalam tulisan, saat menulis penggunaan huruf besar dan huruf kecil masih tercampur dan tertukar, bentuk huruf dalam tulisan tidak proporsional, siswa tersebut menunjukkan harus berusaha keras saat mengkomunikasikan suatu ide dan pengetahuan lewat tulisan. Simpulan dari penelitian ini adalah Kesulitan belajar menulis yang dialami siswa kelas VB ini tidak dipengaruhi oleh kondisi fisik dan keadaan sensori siswa melainkan disebabkan oleh faktor lingkungan khususnya keluarga. Siswa kurang mendapatkan bimbingan belajar ketika di rumah dan orang tua yang membiarkan anak banyak bermain sehingga motivasi belajar siswa rendah. Faktor lain yang mempengaruhi kemampuan anak untuk menulis diantaranya persepsi dan memori siswa.
Kata kunci: kesulitan belajar menulis dan menulis permulaan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.