PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Dwi Lestari

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif studi kausal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner skala likert untuk variabel minat belajar dan soal pilihan ganda untuk variabel hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB Sekolah Dasar Negeri Babakan Dramaga 01 Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 83 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 45 siswa, yang diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi sebesar 10%. Penelitian kuantitatif ini dilakukan dengan uji coba validitas dan reliabilitas instrumen yang kemudian dilanjutkan dengan mensurvei sampel dengan instrumen yang valid dan reliabel. Kemudian hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,64. Ini menunjukan adanya pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,82 atau 82%. Hal ini berarti nilai konstribusi minat belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial sebesar 82%, melalui persamaan regresi Ŷ = -41,976+0,978x. Sisanya sebanyak 18% ditentukan oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara minat belajar terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini berarti, untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial harus meningkatkan minat belajar yang dimiliki siswa.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, Minat Belajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.