PERBEDAAN HASIL BELAJAR SUBTEMA AKU BANGGA DENGAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Khoerunnisa Rahmat

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini merupakan kuantitatif eksperimen quasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar subtema Aku Bangga dengan Daerah Tempat Tinggalku melalui model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran berbasis pemecahan masalah dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bojongrangkas 01 Kabupaten Bogor pada peserta didik kelas IVA, IVB, dan IVC semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas galat data, uji homogenitas, kemudian uji hipotesis melalui uji t, maka dari hasil pengujian hipotesis menyatakan Ho ditolak dan  Ha diterima melalui model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran konvensional karena: thitung (5,7582) > ttabel (2,00324). Hasil pengujian hipotesis menyatakan Ho ditolak dan  Ha diterima melalui model pembelajaran berbasis pemecahan masalah dan model pembelajaran konvensional karena: thitung (3,7523) > ttabel (2,00488). Hasil pengujian hipotesis menyatakan Ho ditolak dan  Ha diterima melalui model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran berbasis pemecahan masalah karena: thitung (2,0684) > ttabel (2,00488). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar subtema aku bangga dengan daerah tempat tinggalku melalui model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran berbasis pemecahan masalah dengan pendekatan saintifik. Model pembelajaran yang paling efektif adalah model pembelajaran inkuiri.

 

Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inkuiri, Model Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah

ABSTRACT

 

 

This research is a quantitative quasi experiment. This research aims to know difference of I am Proud to My Living Place Subtheme Through Inquiry Learning and Problem Based Learning With Saintific Approach. This research was conducted at SDN Bojongrangkas 01 Kabupaten Bogor in students of class IVA, IVB, and IVC second semester of academic year 2016/2017. Analysis technique used prerequisite analysis test which include test of data error normality, homogeneity test, and hypothesis test by t test, then from the result of hypothesis explain Ho rejected and Ha accepted through inquiry learning and conventional learning because tcount (5,7582) > ttable (2,00324). The result of hypothesis explain Ho rejected and Ha accepted through problem based learning and conventional learning because tcount (3,7523) > ttable (2,00488). The result of hypothesis explain Ho rejected and Ha accepted through inquiry learning and problem based learning because tcount (2,0684) > ttable (2,00488). Based on the result of  research, it can be concluded that there are differences of learning result I am proud to my living place subtheme through inquiry learning and problem based learning with saintific approach and the most effective model is inquiry learning.

 

Keywords : Learning result, Inquiry Learning, Problem Based Learning


Refbacks

  • There are currently no refbacks.