PENGARUH PERCAYA DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif asosiatif dengan jenis penelitian kausal terdiri dari percaya diri sebagai variabel bebas dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan sebagai variabel terikat. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh positif percaya diri terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Penelitian dilaksanakan pada mei 2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN BojongGede 02 kabupaten Bogor. Pengujian persyaratan analisis berupa uji normalitas dengan uji Lilifors untuk variabel percaya diri dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan, menunjukkan bahwa Lhitung < Ltabel = 0,098 < 0,125 artinya kedua variabel tersebut berdistribusi normal. Pengujian homogenitas menggunakan uji fisher menunjukkan bahwa Fhitung < Ftabel yaitu 1,93 < 4,04 yang berati kedua data variabel dari populasi berdistribusi homogen. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi dan kolerasi sederhana, dimana kedua analisis tersebut menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu = -38,20 + 1,2877x bersifat signifikan. Kekuatan pengaruh percaya diri terhadap hasil pendidikan kewarganegaraan koefisien determinasi (KD) = 0,85 menunjukan bahwa 85% rata-rata hasil belajar siswa ditentukan oleh percaya diri. Kemudian dilihat dari hasil perhitungan semua data H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif percaya diri terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan menyatakan bahwa semakin baik percaya diri siswa maka akan semakin meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan.
Kata Kunci : Hasil belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, Percaya Diri.
ABSTRACT
This research is an associative quantitative research with causal research consist of self-confidence as independent variable and civic education learning result as dependent variable. The purpose of this research is to determine the positive effect of self-confidence in the civic education learning results. The study was conducted in May 2017. The subjects of the study were 5th grade students of SDN BojongGede 02 Bogor district. Testing requirement analysis in the form of normality test with Lilifors test for self-confidence variable and civic education learning results, shows that LCount < LTable = 0,098 < 0,125 means that both variables are in normal distribution. Homogeneity test using fisher test showed that FCount <FTable is 1,93 < 4,04 which means both variable data are from homogeneous distributed population. Data analysis technique is using a simple regression and correlation analysis technique, where both analysis produce a relationship model expressed in the form of regression equation which Y = -38,20 + 1,2877x is significant. The strength of Self-Confidence effect on the civic education results with determination coefficient (KD) = 0.85 shows that the average of 85% student learning results is determined by self-confidence. Then seen from the calculation, all data H0 are rejected and Ha are accepted. Based on the results of the research above, it can be concluded that there is a positive influence of self-confidence in the outcomes of civic education learning which state that the better the student's self-confidence will further improve the learning results of civic education.
Keywords: Learning Results, Civic Education, Self-Confidence.
Refbacks
- There are currently no refbacks.