PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GI DAN MODEL PEMBELAJARAN STAD

Ayu Ryanzhani

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausal kompatarif dengan metode eksperimen quasi. Tujuannya untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif Group Investigation (kelas eksperimen 1) dengan model pembelajaran konvesional (kelas kontrol), perbedaan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran STAD (kelas eksperimen 2) dengan model pembelajaran konvensional (kelas kontrol), dan perbedaan hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif GI dan STAD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar yang terdiri dari 100 siswa, dengan komposisi 33 orang siswa kelas VA, 33 orang siswa kelas VB, dan 34 orang siswa kelas VC. Penelitian ini dilaksanakan di SDN. Batutulis 1 Kota Bogor pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan N-Gain pada ketiga kelompok diperoleh nilai N-Gain kelas eksperimen 1 (kelompok Group Investigation) sebesar 74,58 dengan kriteria tinggi, nilai N-Gain kelas eksperimen 2 (kelompok STAD) sebesar 59,89 dengan kriteria sedangkan, nilai N-Gain kelas kontrol (konvensional) sebesar 51,72 dengan kriteria rendah, sehingga nilai N-Gain pada kelas eksperimen 1 lebih besar dari kelompok kelas eksperimen 2 maupun kelas kontrol. Pada perhitungan uji normalitas dengan uji liliefors ketiga sampel berdistribusi normal karena nilai ketiga sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas Group Investigation didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,21 ≤ 0,154, pada kelompok kelas STAD didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,10 ≤ 0,154, pada kelompok kelas konvensional didapat nilai Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,09 ≤ 0,152. Kemudian pada uji homogenitas didapatkan ϰ2hitung sebesar 1,934 lebih kecil dari ϰ2tabel yaitu 5,991. Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan nilai thitung sebesar 6,8035 lebih besar dari ttabel sebesar 1,99714, menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation dan Student Teams Achievement Division pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Batutulis 1 Kota Bogor semester genap tahun pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci : Hasil Belajar IPS, GI, STAD


Refbacks

  • There are currently no refbacks.