PERBEDAAN HASIL BELAJAR PECAHAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY-TWO STRAY DAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW

Nina Ilyas

Abstract


Nina Lisnawati Ilyas, 037113103. Perbedaan Hasil Belajar Pecahan Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay-Two Stray dan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pada Siswa Kelas IV-A, IV-B, dan IV-C Sekolah Dasar Negeri Cimanggu Kecil Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2016. Penelitian ini dengan desain dan model penelitian Eksperimen Quasi, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Matematika melalui model pembelajaran kooperatif TS-TS (kelas ekperimen 1), Jigsaw (kelas eksperimen 2) dan model pembelajaran konvensional (kelas kontrol). Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Cimanggu Kecil Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor kelas IV-A,IV-B,IV-C pada bulan Maret, semester genap tahun pelajaran 2016/2017.Teknik analisis yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji homogenitas varians, kemudian dilakukan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t.Perhitungan N-Gain pada ketiga kelompok diperoleh nilai N-Gain kelas kontrol (kelompok konvensional) sebesar 53,08, nilai N-Gain kelas eksperimen 1 (Kelompok TS-TS) sebesar 76.70, sedangkan nilai N-Gain kelas eksperimen 2 (Kelompok Jigsaw) sebesar 69,2. Sehingga nilai N-Gain pada kelas eksperimen 1 lebih besar dari kelompok eksperimen 2 maupun kelas kontrol. Pada uji normalitas dengan uji lieliefors ketiga sampel berdistribusi normal karena nilai ketiga sampel lebih kecil dari Ltabel. Pada kelompok kelas TS-TS di dapat Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,08 ≤ 0,154, pada kelompok kelas Jigsaw di dapat Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,14 ≤ 0,154, pada kelompok kelas Konvensional di dapat Lhitung ≤ Ltabel yaitu 0,10 ≤ 0,154. Kemudian pada uji homogenitas didapatkan nilai X2hitung sebesar (5,040) lebih kecil dari x2tabel 5,991. Selanjutnya pada uji hipotesis didapatkan nilai thitung sebesar 5,621 lebih besar dari ttabel sebesar 1,99714, menunjukkan bahwa H0 (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima.Berdasarkan hail penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Matematika melalui model pembelajaran kooperatif Two Stay-Two Stray dan model pembelajaram kooperatif Jigsaw.
Kata Kunci : Two Stay-Two Stray, Jigsaw, Hasil Belajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.