PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MIND MAPPING DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM

Ratih Sari

Abstract


Penelitian menggunakan desain penelitian tindakan kelas dan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi Sumber Daya Alam melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Mind Mapping pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pakansari 02 Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. Subyek penelitian yaitu siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pakansari 02 yang terdiri dari 29 siswa, dengan komposisi 13 perempuan dan 16 laki-laki. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017.Peneliti ini dilakukan dua siklus, siklus pertama memperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 65,51% dengan nilai rata-rata 68,4 sedangkan siklus kedua memperoleh ketuntasan hasil belajar 86,20% dengan nilai rata-rata 79,3. Begitu pula dengan hasil observasi aktivitas siswa menunjukan adanya peningkatan dengan nilai yang diperoleh pada siklus I 82,1%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 94,16%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, penerapan model pembelajaran kooperatif Mind Mapping dapat meningkatkan keberanian, disiplin, dan semangat siswa dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran kooperatif Mind Mapping


Refbacks

  • There are currently no refbacks.