HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI KECERDASAN NATURALIS DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Persepsi Kecerdasan Naturalis dengan Prestasi Belajar. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan angket berskala lima untuk variabel Persepsi Kecerdasan Naturalis dan menggunakan nilai rapor Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk variabel Prestasi Belajar. Penelitian ini menggunakan studi koresional melalui pendekatan kuantitatif yang dilakukan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Panaragan 01 Kota Bogor dengan jumlah populasi sebanyak 107 siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Jumlah sampel dari perhitungan rumus adalah sebanyak 52 siswa. Uji prasyarat analisis data berupa uji normalitas enggunakan uji Liliefors, uji homogenitas menggunakan metode Fisher, dan uji sigifikasi menggunakan thitung. Teknis analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi linier Ŷ = 9,15 + 0,05X. berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel sebesar 30,400 > 2,000 menunjukan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang diartikan terdapat hubungan positif antara Persepsi Kecerdasan Naturalis dengan Prestasi Belajar. Adapun kekuatan hubungan ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar rxy = 0,974 termasuk kategori sangat kuat dan harga determinasi sebesar 94,8% yang berarti persepsi kecerdasan naturalis berkontribusi terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk memperbaiki prestasi belajar maka harus ditingkatkan persepsi kecerdasan naturalis pada kelas IV Sekolah Dasar Negeri Panaragan 01 Kota Bogor.
Kata kunci : Persepsi Kecerdasan Naturalis, Prestasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam
ABSTRACT
The purpose of this research is to know/detect the correlation between perceptions of naturalist intelligence with the study achievement. The research used study correlation through quantitative approach was conducted students grade 4th in SDN Panaragan 01 Bogor City, with total population of students are 107. The sample of research is taken by using a random sampling technique. The total sample from formula calculation is 52 students. Data of research is gained by using inquires scale of five of variable perception of naturalist intelligence and using report card of natural science for study achievement variable. Five terms test analysis of the data is form of normalist test using liliefors test, homogenous test used fisher method and signification test used tcount. Regression analysis technique and a correlation simply produce a model relationship stated of equation of regressing linear Ŷ = 91,5 + 0,55X. Based on experiment t gained tcount > ttable of 30,400 > 2,000, it indicate H0 rejected from Ha accepted, it means perception of naturalist intelligence with study achievement have positive connection. Meanwhile, the power of relationship indicated with the coefficient correlation rxy = 0,947 include very strong category and determination value 94,8 %, it means perception of naturalist intelligence have contribution toward study achievement. Based on the result of the research above could conclude that to improve the study achievement naturalist intelligence perception grade 4th in SDN Panaragan 01 Bogor City.
Key word : Perception Of Naturalist Intelligence, The Study Achivement, Natural Science
Refbacks
- There are currently no refbacks.