PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Agnes Sari

Abstract


Penelitian ini dengan desain dan model Penelitian Tindakan Kelas, serta dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan perbaikan proses pembelajaran dan keterampilan menyimak cerita anak pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Dewi Sartika 1 Kota Bogor melalui penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, and Intelectually). Hasil penelitian pada aspek perbaikan proses pembelajaran menunjukan bahwa siklus pertama memperoleh nilai 84% sedangkan pada siklus kedua memperoleh nilai 91,37%. Perbaikan sikap siswa siklus pertama memperoleh nilai 75,7% dan siklus kedua memperoleh nilai 85,4%. Ketuntasan hasil belajar pada siklus pertama memperoleh nilai 74% dan pada siklus kedua memperoleh nilai 96,2%. Ketuntasan menyimak pada siklus pertama pada keterampilan menyimak mendapatkan rata-rata 3,65% dengan interpretasi baik dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata 5,48% dengan interpretasi baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, and Intelectually) untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Anak Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Selain itu, dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan partisipasi siswa dan kedisiplinan siswa.
Kata Kunci : Keterampilan menyimak, Model SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, And Intelectually)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.