PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Abstract
Penelitian ini dengan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif dengan dua siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada materi perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan pada siswa kelas IV melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sukamantri 1 yang terdiri dari 36 orang siswa dengan komposisi 20 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Pelaksanaan Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelaksanaan pembelajaran pada siklus I memeperoleh nilai rata-rata 70,52%, siklus II meningkat memperoleh nilai rata-rata 88,94%. Begitu pula dengan hasil observasi perbaikan perilaku siswa menunjukkan adanya peningkatan pada kerjasama, tanggung jawab, dan disiplin siswa dengan memperoleh nilai 70,67% pada siklus I, pada siklus II memperoleh nilai 88,42%. Kemudian ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 72,2% yaitu 20 siswa yang mencapai KKM, dan siklus II mengalami peningkatan dengan ketuntasan 88,89% yaitu 32 siswa yang mencapai KKM. Kemudian nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 69,4, siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 74,6. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw pada materi perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Sukamantri 1 Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. Selain itu, model pembelajaran ini dapat meningkatkan kerjasama, tanggung jawab dan disiplin siswa dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw
Refbacks
- There are currently no refbacks.