Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Dwi Wulansari

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan dilaksanakan secara kolaboratif, selama dua siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Bojong Koneng 06 berjumlah 56 siswa dengan komposisi 26 siswa laki-laki dan 30 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kualitas proses pembelajaran siklus I memperoleh nilai rata-rata 71,32 dan pada siklus II meningkat menjadi 82,37. Begitu pula dengan perubahan perilaku siswa yang nampak pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 73,86 dan pada siklus II meningkat menjadi 86,07. Selain itu, rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 56,04 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 62,5%. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 79,93 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika pada siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Bojong Koneng 06 Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor. Selain itu, model pembelajaran ini dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan perilaku siswa pada mata pelajaran matematika.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Kooperatif, Jigsaw


Refbacks

  • There are currently no refbacks.