PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALAUI MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV semester genap tahun pelajaran 2016/2017 SDN Cijayanti 07 Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor dengan jumlah siswa 26 yang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Prosedur penelitian ini dilaksanakan bersiklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata proses pelaksanaan pembelajaran pada siklus I 77,5 dengan interpretasi cukup dan meningkat pada siklus 2 menjadi 89,75 dengan interpretasi baik, begitu pula dengan hasil observasi perubahan perilaku siswa menunjukan peningkatan, pada siklus I sebesar 72,75 dengan interpretasi cukup dan meningkat pada siklus 2 menjadi 88,73 dengan interpretasi baik. Hasil belajar juga meningkat dari siklus I yang mendapatkan rata-rata 54,62 dengan ketuntasan sebesar 53,85% dari 26 siswa terdapat 14 siswa yang tuntas dan 12 siswa belum mencapai KKM, pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata menjadi 90,26 dengan ketuntasan sebesar 92,31% dari 26 siswa terdapat 24 siswa telah tuntas dan 2 siswa belum tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cijayanti 07 Kecamatan Babakan Madang Bogor.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Student Team Achievement Division
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.