PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFJIGSAW

riska novianti

Abstract


Penelitian ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Tujuan  dalam penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Malabar yang terdiri dari 24 siswa, pelaksanaan penelitian ini di lakukan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada siklus I Pertemuan I  hasil belajar rata-rata siswa pada siklus I  mencapai 61 sedangkan pada siklus I Pertemuan II meningkat 18,5 menjadi hasil 79,5. Dan Pada siklus II Pertemuan I meningkat 2 hasil 81,5, sedangkan pada siklus II Pertemuan  II meningkat 9,45 menjadi 89,64. Perubahan sikap siswa pada siklus I Pertemuan I  mencapai 52,01 sedangkan pada siklus I Pertemuan II meningkat 12,78 menjadi  64,79. Pada siklus II Pertemuan I meningkat 15,4  hasil 80,19 sedangkan pada siklus II Pertemuan  II meningkat 4,7 menjadi 88,74.   Perubahan keterampilan siswa pada siklus I Pertemuan I  yaitu sebesar 53,04 dengan interpretasi kurang baik. Pada siklus I pertemuan II meningkat 10,51 menjadi 63,55 dengan interprestasi cukup baik. siklus II pertemuan I nilai hasil observasi keterampilan siswa yang diberikan oleh observer I dan II meningkat 17,8 menjadi 81,35 dengan interpretasi baik. Pada siklus II pertemuan II meningkat 7 menjadi 88,53 dengan interpretasi baik. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I Pertemuan I  hasil belajar aspek pengetahuan pada siklus I  mencapai persentase 46% sedangkan pada siklus I Pertemuan II meningkat 20,66 menjadi persentase hasil 66,66%. Dan Pada siklus II Pertemuan I meningkat 12,5% persentase hasil 79,16%, sedangkan pada siklus II Pertemuan  II meningkat 8,34 menjadi 87,5% melebihi ketuntasan secara klasikal sebesar 85%. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Malabar Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor semester genap tahun pelajaran 2016/2017.

Kata kunci:   Hasil Belajar,  Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. IPS

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.