Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Riga Septiana Marsya

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan secara kolaboratif menggunakan dua siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki pelaksanaan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pagelaran 02 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor yang terdiri dari 36 siswa, dengan komposisi 20 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh nilai 77% dan penilaian siklus II memperoleh nilai 83,5%, begitu pula hasil observasi perubahan aktivitas siswa, pada siklus I memperoleh nilai 73% sedangkan siklus II memperoleh nilai 85%. Selanjutnya penilaian ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 67 dengan hasil ketuntasan 54,29%, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 82 dengan hasil ketuntasan 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament dapat Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pagelaran 02 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor. Selain itu, model pembelajaran ini dapat meningkatkan kedisiplinan, kerjasama dan keberanian siswa dalam pelaksanaan pembelajaran.

Kata kunci : Hasil belajar, Teams Games Tournament, Ilmu Pengetahuan Alam


Refbacks

  • There are currently no refbacks.